Sepanjang 2021, Terjadi 150 Kejadian Kebakaran di Bojonegoro

Kamis, 13 Januari 2022, Dibaca : 187 x Editor : samian

Joko Kuncoro
KEBAKARAN : Petugas pemadam saat padamkan api yang menghanguskan bangunan di wilayah Bojonegoro.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Peristiwa kebakaran di Bojonegoro, Jawa Timur, cukup sering terjadi. Semenjak Januari hingga Desember 2021 terjadi 150 kali kebakaran. Jumlah itu meningkat dibanding dengan kejadian 2020 lalu yakni 122 kasus kebakaran.

Kabid Pemadam dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Ahmad Adi Winarto mengatakan, kebakaran kerap terjadi pada musim kemarau. Banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran di antaranya lupa mematikan kompor, kebocoran gas elpiji hingga korsleting listrik.

Baca Lainnya :

    "Rata-rata kebakaran terjadi karena korsleting listrik. Sehingga masyarakat harus tetap berhati-hati terhadap sesuatu yang menimbulkan api meski sekarang musim hujan," katanya, Kamis (13/1/2022).

     

    Baca Lainnya :

      Dia mengatakan, kebakaran selama 2021 sebanyak 150 kejadian. Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan 2020 lalu yakni sebanyak 122 kejadian di antaranya merobohkan 40 rumah.

      Namun, beruntung dari sekian kebakaran terjadi di Bojonegoro tidak ada korban jiwa. Akan tetapi, kata dia, kerugian kebakaran juga tidak sedikit. Misalnya kebakaran di kadang sapi Desa Wadang, Kecamatan Ngasem kerugian mencapai Rp 638 juta.

      Dia meminta masyarakat harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap bencana kebakaran. Perbaiki aliran listrik yang rusak dan jangan lupa matikan kompor saat keluar rumah untuk antisipasi kebakaran.

      "Juga, memastikan tabung elpiji yang digunakan tidak bocor. Dan jika terjadi, peristiwa kebakaran segera menghubungi pos damkar terdekat," ungkapnya

      Adi Winarto menambahkan, upaya Dinas Damkar dalam mencegah kebakaran selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik selepas melakukan pemadaman maupun di waktu kegiatan lainnya.

      "Upaya terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran," tambahnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more