Serangan Hama Potong Leher Ancam Gagal Panen

Sabtu, 06 Oktober 2012, Dibaca : 2463 x Editor : nugroho

edy purnomo
Tak Maksimal : Petani di Tuban mulai memanen padi meski hasilnya tidak maksimal akibat serangan hama potong leher.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban - Sejumlah petani di Kabupaten Tuban, Jatim, terancam gagal panen. Pasalnya, sekarang ini, padi yang siap dipanen terserang hama potong leher. Serangan hama itu terjadi dilahan pertanian yang tersebar di 20 kecamatan yang ada di Tuban.

Baca Lainnya :

    "Saya baru tahu saat padi sudah menjelang masa panen sekarang ini,” ujar Lukman, salah satu petani di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban kepada suarabanyuurip, Sabtu  (6/10/2012).

    Dia menceritakan, tanaman yang terserang hama potong leher ini batangnya menghitam seperti gosong dan kemudia tidak ada isinya alias gabuk . Akibat serangan hama itu, lanjut dia, petani hanya bisa pasrah menerima hasil panen yang dipastikan menurun drastis. Karena mereka sudah tidak bisa melakukan tindakan penyelamatan lagi.

    Baca Lainnya :

      "Sawah saya hampir separuh petak terserang hama ini. Demikian halnya sawah para petani lain juga terserang hama ini," sambungnya.

      Dia menjelaskan, dirinya dan petani lain yang sawahnya terserang hama potong leher hanya dapat memanen dengan memilih gabah yang masih bisa digiling dan ada isinya. Meskipun itu tak banyak jumlahnya.

      Dikonfirmasi mengenai hal ini, Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pertanian Tuban, Sudarmuji  mengakui bahwa hama potong leher banyak  dikeluhkan para petani di Tuban. Dari pendataan yang dilakukan, dari total lahan padi seluas 86.481 hektar di Tuban ada sekitar 25 persen yang terserang hama potong leher.

      “Kita minta petugas penyuluh lapangan untuk memantau perkembangan dilapangan agar serangan hama dapat diantisipasi sejak dini,” sambung Sudarmaji.

      Sebab, lanjut dia, penanganan hama ini harus dilakukan sebelum padi mulai berisi atau berbuah dengan cara memberi pestisida.

       

      “Karena kalau terlambat, padi sudah gabuk dan tidak bisa ditangani lagi,” pungkasnya.

      Diketahui, hama potong leher ini menyebar di dua puluh kecamatan yang ada di Tuban dan menyerang ribuan hektar tanaman padi yang siap panen. (edp/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more