Si Jago Merah Ngamuk di Hutan Soko

Sabtu, 26 September 2020, Dibaca : 349 x Editor : samian


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Hutan Jati milik Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Soko, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tengger, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, Jawa Timur, terbakar, Sabtu (26/9/2020). Tepatnya kurang lebih 200 meter kearah barat dari pertigaan gapura masuk wisata Kayangan Api.

Peristiwa ini terjadi diduga akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan, dan membakar ranting maupun daun jati kering sekitar jalan Poros Umum Kecamatan (PUK) Ngasem-Dander. Apalagi ditambah cuaca panas memudahkan si jago merah mengamuk merembet disemak semak penuh daun-daun kering yang ada disekitarnya.

Baca Lainnya :

    "Mungkin dari puntung rokok yang dibuang sembarangan tempat, dan masih nyala akibatnya membakar daun jati kering yang berserakan disekitar jalan," kata salah satu pengguna jalan, Maryati, kepada Suarabanyuurip.com, yang mengaku habis dari wisata kayangan api.

    Beruntung anggota perhutani setempat dengan cekatan mematikan kobaran api. Sehingga kebakaran hutan tidak berlangsung lama bisa dipadamkan.

    Baca Lainnya :

      "Tadi saya melihat pak mandor hutan langsung memadamkan kobaran api dengan cepat," pungkas Maryati sambil bergegas melanjutkan perjalanan.

      Sementara ADM Bojonegoro Dewanto, saat dikonfirmasi Suarabanyuurip.com mengatakan, akan berupaya mengoptimalkan jajaran perhutani untuk meningkatkan patroli hutan agar kebakaran hutan bisa diminimalisir.

      "Kami akan berupaya optimalkan patroli hutan, dan berusaha meminimalkan kejadian kebakaran hutan. Termasuk menerima informasi dari stakeholder. Sehinggas kami bisa bergerak cepat," ujar Dewanto.(sam)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more