Sidak Proyek Blok Cepu Dewan dan Pemkab Temukan Banyak Pelanggaran

Rabu, 16 Januari 2013, Dibaca : 1660 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com - Ririn W

Bojonegoro - Setelah melakukan rapat dengar pendapat (heraing), Selasa (15/1/2013), Tim Optimalisasi Konten Lokal dan Komisi A DRD Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (sidak) di proyek pengembangan penuh Lapangan Minyak, Banyuurip, Blok Cepu, Rabu (16/1/2013). Sidak ini untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah (Perda) No23/2011 tentang konten lokal yang dilaksanakan Mobil Cepu Limited (MCL) dan Kontraktornya.

Sidak dimulai disepanjang Acces Road di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam. Dilokasi ini rombongan sidak menemui sekira lima belas pemuda yang sedang berkumpul menuntut pekerjaan dan pembuatan saluran air (drainase).

"Banyak security yang diberhentikan tanpa sebab," kata Kades Bonorejo Siti Rokhayah yang diamini lima belas warganya ketika menyampaikan kepada rombongan sidak.

Rokayah mengungkapkan, kontraktor engineering, procurement and construction (EPC) 1 Banyuurip, PT Tripatra Engineers & Constructors, juga belum membuatkan jalan alternatif desa yang selama ini menjadi akses warga kesawah ladang di Dusun Sukorejo (Puduk) yang sudah disekapakti bersama antara MCL.

"Kesepakatan itu sudah dibuat hampir satu tahun lalu," tandasnya.

Ketua Komisi A DPRD Bojonegoro, Agus Susanto Rismanto, mengatakan, apa yang disampaikan warga dan pemuaan ini membuktikan jika operator dan kontraktornya belum melaksanakan Perda Konten Lokal.

Selain itu, dia juga menemukan adanya sisa pengurukan tanah yang masih berada di pinggir jalan Desa Bonerejo yang berbatasan dengan Sawah Warga. Bahkan ketika menuju ke central processing facility (CPF) pihaknya melihat 3 buah genset berkapasitas 80 ribu kpa untuk kebutuhan listrik yang belum ada ijinnya.

Penggunaan genset tanpa ijin itu, lanjut Agus, sudah melanggar peraturan pemerintah No 14 Tahun 2012 dan surat edaran Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 29 Thn 2012 Tentang Tenaga Listrik Non PLN.

"Ini akan menjadi masukan dan bahan kami untuk mengevaluasi kegitan proyek disini," tegas Agus.

Beberapa tim Konten Lokal yang ikut sidak diantaranya Kepala Disnakertransos, Iskandar, Kepala Badan Perijinan, Bambang Waluyo,Kepala Satpol PP, Kamidin, Kabag Humas, Mahmudin serta staf Bagian Sumber Daya Alam dan Badan Lingkungan Hidup.

Sementara rombongan Komisi A DPRD Bojonegoro adalah Agus Susanto Rismanto, Sugeng Heri Anggoro, Kencono Mahardiko, Sigit Kusharianto. (rien)


Tidak ada komentar
Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more