Siswi Hamil Bisa Ikuti Unas

Selasa, 02 April 2013, Dibaca : 1991 x Editor : nugraha

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Jawa Timur menegaskan, tetap memperbolehkan siswi hamil karena tindak asusila mengikuti Ujian Nasional (Unas) pada April - Mei 2013 mendatang. Karena sampai saat ini tidak ada peraturan yang melarang siswi hamil tidak diperbolehkan mengikuti Unas.

“Tidak ada aturan yang tidak memperbolehkan siswi hamil mengikuti ujian nasional,” terang Kepala Disdikpora Tuban, Sutrisno saat dihubungi melalui ponselnya, Selasa (2/4/2013).

Menurut Sutrisno, semua siswa memliki hak yang sama untuk mendapatkan fasilitas dalam mengikuti Unas. “Semua punya hak yang sama untuk mendapatkan fasilitas,” tambah Sutrisno.

Sementara itu Pemerhati Perempuan dan Anak Kabupaten Tuban, Nunuk Fauziah, mengatakan, Pemkab Tuban seharusnya secepat mungkin menyetujui adanya pembentukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan di Tuban memerlukan dorongan dari internal dan eksternal.

“Pemkab Tuban harus secepatnya memberikan perhatian kepada Raperda Pendidikan di Tuban,” tegas Nunuk.

Perempuan yang juga Direktur Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) ini menyatakan, maraknya siswi atau anak dibawah umur hamil disebabkan pergaulan yang semakin bebas. Yang mulai menganggap berhubungan seks diluar nikah merupakan salah satu trend gaya hidup saat ini.

“Saat ini pelajar atau anak dibawah umur menganggap berhubungan diluar nikah adalah suatu gaya hidup,” jelas Nunuk.

Sebelumnya, lagi-lagi kasus persetubuhan anak dibawah umur kembali terjadi di Tuban. Kali ini, seorang siswi kelas 3 salah satu MTS Swasta di Tuban, hamil setelah dirayu untuk berhubungan intim berkali-kali dengan seorang pria beranak satu. Kepada korban, pelaku mengaku masih bujangan.

Sementara itu dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Polres Tuban juga diketahui adanya peningkatan kasus pencabulan dan persetubuhan anak dibawah umur sejak tahun 2011 lalu. (edp)


Tidak ada komentar
Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more