Sulyanto Kolektor Benda Kuno, Punya Kendil yang Konon Era Kerajaan Majapahit

Rabu, 09 September 2020, Dibaca : 2429 x Editor : nugroho

joko kuncoro
KOLEKTOR BENDA KUNO : Sulyanto foto di antara koleksi benda kuno salah satunya Kendil yang diyakini zaman Majapahit.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sulyanto memiliki berbagai macam jenis benda antik yang disimpan di rumahnya. Mulai dari koin kuno bertuliskan huruf China, cincin, pusaka, keris, gerabah era kerjaan Majapahit, fosil gigi ikan hiu hingga fosil gajah purba yang dipredisksi  berumur jutaan tahun lalu.

Lelaki asal Desa/Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bercerita, ia membeli dari masyarakat saat melakukan penambangan pasir di Sungai Bengawan Solo.  Selain itu, ia juga membeli dari para kolektor.

Baca Lainnya :

    “Kalau mempunyai nilai sejarah tinggi dan murah. Pasti saya akan membelinya,” ujarnya.

    Dia mengatakan, pada 2019 lalu, ia membeli kendil yang konon dibuat era Kerajaan Majapahit. Kendil dibeli dari warga penambang pasir di bawah Jembatan Kali Ketek. Ia beli seharga Rp150 ribu. Dan beberapa hari lalu ia mendapatkan fosil gajah purba yang diperkirakan berumur jutaan tahun.

    Baca Lainnya :

      “Kalau untuk fosil gajah ini saya dapat dengan cara barter dengan pusaka yang saya miliki," katanya, kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (8/9/2020) kemarin.

      Lelaki umur 45 tahun itu mengatakan ia memiliki fosil gajah purba dari kolektor. Fosil itu telah berpindah tangan sebanyak lima kali. Ia selalu sayang jika fosil gajah purba tersebut dibeli oleh masyarakat luar Bojonegoro. Karena, fosil merupakan aset berharga untuk masyarakat Bojonegoro.

      “Di wilayah selatan Bojonegoro,  banyak ditemukan fosil-fosil hewan purba,’’ ujarnya.

      Dia berharap dari pemerintah untuk merawat benda-benda temuan dari bumi Bojonegoro. Selain itu pemerintah harusn bertindak cepat, agar temuan benda bersejarah bisa dimusiumkan sendiri.

      “Saya selain mengoleksi benda peninggalan era kerajaan dan fosil purba. Juga mengoleksi benda atik lainya era tahun 90 an seperti, kamera, alat tumbuk,” ungkapnya.


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more