TA Kemendes PDTT di Bojonegoro Bentuk Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa

Selasa, 06 April 2021, Dibaca : 184 x Editor : nugroho

Joko kuncoro
SOSIALISASI : Tenaga Ahli P3MD Kemendes PDTT sosialisasi pembentukan Pokja SDGs di Pendapa Kecamatan Kalitidu.


SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Tenaga Ahli (TA) P3MD Kemendes PDTT di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bojonegoro, Jawa Timur melakukan sosialisasi dan pembentukan kelompok kerja (Pokja) Tim Pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) desa. Sosialisasi dihadiri pendamping desa dan seluruh kepala desa di Kecamatan Kalitidu.

Tenaga Ahli (TA) P3MD Kemendes PDTT di DPMD Bojonegoro M. Fathur Rochman mengatakan, sosialisasi dan mekanisme pendataan SDGs desa sudah hingga Mei 2021 ini. Sosialisasi ini, menyampaikan pelaksanaan pendataan SDGs desa di Kecamatan Kalitidu.

Baca Lainnya :

    "Ada delapan tipologi desa dan 18 SDGs desa yang masuk pendataan. Nantinya, dari hasil pendataan ini  diharapkan dapat melaksanakan pembangunan desa. Namun, pendataan harus sesuai data yaitu SDGs desa tersebut," katanya, Selasa (6/4/2021).

    Dia menjelaskan, terkait pelaksanaan pendataan SDGs desa di masing-masing desa akan membentuk relawan pokja pendataan desa. Pokja ini, kata dia, tugasnya melakukan pendataan di empat responden.

    Baca Lainnya :

      "Empat responden itu, di antaranya berbasis desa yang, berbasis rukun tetangga (RT), berbasis kepala keluarga, dan berbasis anggota keluarga," jelas Fathur.

      Dia menambahkan, empat jenis responden ini berada di masing-masing desa. Sedang, untuk tindaklanjut sosialisasi di masing-masing desa ini ada dua kesepakatan. Seperti mengadakan kegiatan musdes sosialisasi SDGs desa dan pembentukan relawan pokja relawan.

      "Setelah terbentuk relawan pokja nanti akan dilakukan bimbingan teknis kepada relawan tersebut. Misalnya cara melakukan pendataan dan bagaimana teknisnya," tambahnya.(jk)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more