Terpilih Jadi Ketua Katar Gayam, Udin : Kami Akan Tingkatkan SDM Pemuda

Minggu, 02 Agustus 2020, Dibaca : 449 x Editor : nugroho

Didik jatmiko
Ketu Katar Putra Mandiri Desa Gayam terpilih periode 2020-2025, Muhammad Jalaludin.


SuaraBanyuurip.com - Didik Jatmiko

Bojonegoro - Keberadaan industri migas Banyu Urip, BlokCepu, dan Jambaran Tiung Biru (JTB) belum melibatkan pemuda Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, secara maksimal.

"Belum maksimal. Masih banyak pemuda Gayam yang nganggur," tegas Ketua Karang Taruna (Katar) Putra Mandiri Desa Gayam terpilih periode 2020-2025, Muhammad Jalaludin, Minggu (2/8/2020).

Baca Lainnya :

    Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya kedepan akan mengutamakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pemuda Gayam melalui pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan (skill). Sehingga dapat menangkap peluang dari adanya kegiatan industri migas Banyu Urip di wilayah Kecamatan Gayam, dan JTB di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem.

    "Harapannya ada dukungan dari Pemkab Bojonegoro, Pemdes dan operator migas," ujar Udin, panggilan akrab Muhammad Jalaludin.

    Baca Lainnya :

      Udin menjelaskan berdasarkan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) No.25 tahun 2019 tentang Karang Taruna. Keanggotaan karang taruna menganut sistim stelsel pasif. Artinya, seluruh anggota masyarakat yang berusia 13 tahun sampai dengan 45 tahun otomatis menjadi anggota karang taruna.

      "Kalau kepengurusan ada di surat keputusan atau SK sekitar 35 orang," ucapnya.

      Mayoritas anggota karang taruna Putra Mandiri Gayam mayoritas lulusan SMA/SMK. Sebagian besar mereka bekerja merantau ke luar Bojonegoro, dan menganggur.

      "Untuk itu kedepan kita akan kembangkan kreativitas dan bakat pemuda melalui pendidikan dan pelatihan kepemudaan," tandasnya.

      Muhammad Jalaludin terpilih secara aklamasi dalam musyawarah Pemilihan Ketua Karang Taruna Putra Mandiri Desa Gayam pada 18 Juli 2020. Panitia membuka pendaftaran mulai tanggal 4-12 Juli 2020, namun tidak ada yang mendaftar. 

      Kemudian panitia menambah waktu tiga hari lagi dan ada 1 peserta yang mendaftar atas nama Muhammad Jalaludin. Namun hingga waktu musyawarah pemilihan yakni tanggal 18 Juli 2020 hanya ada 1 peserta yang mendaftar sendirian tanpa ditemani oleh wakil. 

      Kemudian atas kesepakatan forum tidak menyetujui adanya pencalonan atau kandidat baru. Sehingga Muhammad Jalaludin ditetapkan sebagai calon tunggal. 

      Selanjutnya malam itu langsung diadakan musyawarah pemilihan Wakil Ketua Karang Taruna Putra Mandiri. Ada dua calon yang maju yakni Saiful Bahrudin dan Diana Widayanti. 

      "Saat berlangsungnya musyawarah Saiful Bahrudin terpilih sebagai wakil ketua terpilih," sambung Ketua Panitia Musyawarah Pemilihan Ketua Kartar Putra Mandiri Desa Gayam, Toha Maksum dikonfirmasi terpisah.(dik)

      Berikut Visi dan Misi Ketua Katar Putra Mandiri Desa Gayam Terpilih :

      Visi

      “Meningkatkan partisipasi pemuda dalam kegiatan yang bermanfaat di masyarakat guna mengoptimalkan peran organisasi kepemudaan.

      Misi

      a. Mengembangkan akhlak budi pekerti yang luhur

      b. Mempererat tali persaudaraan antar pemuda Desa Gayam dengan mengadakan pertemuan rutin

      c. Mengadakan kegiatan-kegiatan kepemudaan dalam masyarakat

      d. Turut serta membantu dalam pengabdian masyarakat

      e. Mengembangkan kreativitas dan bakat pemudamelalui pendidikan dan pelatihan kepemudaan

      f. Melestarikan nilai-nilai seni dan budaya masyarakat

      g. Turut membantu dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan hidup



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more