Tingkatkan Kompetensi Pegawai, PPSDM Migas Gelar Pelatihan Well Logging

Selasa, 08 Juni 2021, Dibaca : 119 x Editor : nugroho

Ist/ppsdm migas
TINGKATKAN KOMPETENSI : Pegawai PPSDM Migas sedang mengikuti pelatihan Well Logging.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - PPSDM Migas menyelenggarakan pelatihan Well Logging yang diikuti pegawai PPSDM Migas. Pelatihan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai Senin (7/6/2021) sampai Rabu (9/6/2021).

Selama tiga hari, para peserta mendapatkan materi berupa Konsep Dasar Logging, Konsep akuisisi data logging, Konsep prosesing data logging, Pengenalan alat akuisisi data logging, Penggunaan alat akuisisi data logging, Pengenalan perangkat lunak prosesing data, Prosesing data.

Baca Lainnya :

    Well Logging sendiri merupakan metode penampangan sumur bor yang merekam sifat-sifat fisik batuan ”insitu” dalam bentuk kurva defleksi dengan cara menurunkan alat deteksi ke dalam lubang bor. Diantaranya sensor sinar gamma, rapat massa (density), neutron, tahanan jenis (resistivity) dan kaliper.

    Tujuan Well Logging untuk mendapat informasi litologi, pengukuran porositas, pengukuran resistivitas, permeabilitas dan kejenuhan hidrokarbon. Well Logging  dapat  dilakukan saat pengeboran berlangsung maupun pada saat selesai pemboran.  Metode Well Logging merupakan suatu metode yang dapat memberikan data yang diperlukan untuk mengevaluasi secara kualitatif dan kuantitatif adanya hidrokarbon.

    Baca Lainnya :

      Wiyono, salah satu praktisi yang mengajar pelatihan ini menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan skill dalam melakukan akuisisi, prosesing dan  interpretasi data logging, Ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (7/6/2021).

      “Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini bisa membekali para peserta dengan pengetahuan dan kemampuan melakukan akuisisi dan interpretasi data logging sesuai dengan standard” ujar Wiyono.

      Hal senada juga diutarakan oleh FX. Yudi Triyono, salah satu peserta pelatihan. Ia mengaku, setelah mengikuti pelatihan ini banyak ilmu yang didapat yaitu untuk menunjang pekerjaan evaluasi formasi baik untuk eksplorasi migas maupun air tanah.

      “Selama mengikuti pelatihan ini banyak sekali ilmu yang kami dapat dan bisa kami terapkan dalam pekerjaan kami, dan sangat menunjang pekerjaan kami dalam mengevaluasi formasi baik untuk eksplorasi migas maupun air tanah,” ujar Yudi ketika dihubungi melalui pesan singkat pada Senin (7/6/2021).(adv/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more