TPPI Tuban Rutin Beri Beasiswa

Minggu, 11 Juli 2021, Dibaca : 271 x Editor : nugroho

Dok.pertamina
PEDULI PENDIDIKAN : PT TPPI setiap tahun memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi dan kurang mampu di wilayah operasinya.


SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Tuban – PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur kembali menyerahkan program bantuan pendidikan tahun 2021 kepada siswa/siswi berprestasi dan kurang mampu di sekitar operasi kilang.

Penyerahan bantuan diikuti peserta siswa, guru dan wali murid secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan, Kamis (8/7/2021). Kegiatan dimulai dari SDN Remen II, dilanjutkan ke SDN Remen I, SDN Tasikharjo, dan diakhiri di SDN Purworejo, Kecamatan Jenu.

Baca Lainnya :

    Para manajer TPPI berkesempatan menyerahkan beasiswa di tiga sekolah. Sedangkan khusus di SDN Tasikharjo dihadiri langsung oleh GM TPPI, Sugiyo bersama kepala desa setempat, kepala sekolah dan tim PR & CSR TPPI Tuban. 

    Progam beasiswa dan bantuan pendidikan ini merupakan program TPPI yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Program beasiswa bagi siswa siswi berprestasi merupakan program untuk memberikan semangat bagi peserta didik agar mereka berlomba-lomba dan bersaing secara sehat untuk meraih prestasi. 

    Baca Lainnya :

      Selain itu ada program bantuan pendidikan bagi siswa siswi yang kurang mampu agar dapat melanjutkan sekolah kejenjang lebih tinggi. 

      "Kami menyadari bahwa tuntuan masyarakat yang menginginkan penyerapan tenaga kerja lokal bisa masuk bekerja di perusahaan sangat lah tinggi, meskipun saat ini komposisi tenaga kerja lokal yang terserap sudah hampir 40%, terdiri dari tenaga kerja non skill sampai skill," kata PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo melalui keterangan terrulisnya. 

      Namun demikian, pihakany menyadari jika bantuan yang berikan selama ini belum dianggap cukup oleh warga sekitar. Untuk itu PT. TPPI  melakukan mapping mengenai status sosial terugama bidang pendidikan di masing-masing desa yang pada kesimpulannya terdapat kesenjangan antara kebutuhan perusahaan dengan status pendidikan masyarakat sekitar. 

      Karena itulah PT TPPI tidak akan pernah berhenti untuk membantu masyarakat agar memperkecil kesenjangan tersebut dengan membuat program-program dibidang pendidikan dan pelatihan yang sinergi dengan bidang kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

      Pada penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2022, Taheran Sidik Prabowo menambahkan program bidang pendidikan dan pelatihan yang meliputi beasiswa program pendidikan D3 bagi siswa lulusan SMA/SMK berprestasi  yang diutamakan bagi keluarga kurang mampu, serta beberapa program pelatihan ketrampilan khusus akan ditambah jenis pelatihan dan anggarannya. 

      Selain program pendidikan dan peningkatan kompetensi, mutu pendidikan juga menjadi perhatian perusahaan, untuk itu anggaran bantuan sarana dan prasarana pendidikan juga diajukan untuk penambahan anggarannya.

      "Mohon doa dari semua pihak agar operasi Kilang TPPI dapat berjalan lancar sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar," imbuh pria asli Tuban ini. 

      Segendang seirama dengan Taheran, GM PT. TPPI, Sugiyo mengatakan bahwa program CSR perusahan tidak terbatas pada pendidikan, melainkan ada bantuan-bantuan yang telah diserahkan di kesempatan dan waktu yang berbeda. 

      Setelah menerima beasiswa, para wali murid/orang tua dan siswa diharapkan turut mendoakan operasional TPPI berjalan aman, handal, efesien dan ramah lingkungan. 

      "Semoga bantuan ini bermanfaat untuk siswa dan orang tua sehingga kelak anak didik di sekitar operasi kilang bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Syukur-syukur ke depan bisa membantu dengan menjadi sumber men power di tempat kami," sambung pria yang sebelumnya bertugas di Kilang Cilacap selama 30 tahun.

      Di mata wali murid, beasiswa TPPI diharapkan terus berkelanjutkan karena merupakan program baik yang mendukung anak-anak di sekitar perusahaan mengejar mimpinya. Jika sebelumnya anak-anak di Remen hanya puas setelah tamat SD atau SMP, sekarang harapan untuk melanjutkan SMA ataupun kuliah terbuka lebar. 

      "Program ini jangan sampai putus di tengah jalan. Kami wali murid dan siswa sangat senang dan berterimakasih atas kepedulian TPPI terhadap pendidikan," ujar Winarti mewakili orang tua yang hadir di SDN II Remen. 

      Rasa bangga diungkapkan Kepala SDN Purworejo, Sukemi. Dia berharap beasiswa tersebut bermanfaat bagi anak-anak di Purworejo dan ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua, bangsa, dan agama. 

      "Semoga TPPI kedepannya lebih baik lagi dengan peningkatan prestasi operasional dan CSR nya. Setelah dapat beasiswa anak-anak harus lebih giat belajar, dan orang tua juga harus mendukung pendidikan buah hatinya," pesannya.

      Sedangkan ketiga kepala desa yang turut hadir dalam penyerahan beasiswa, baik Kepala Desa Remen, Rusdiono, Kepala Desa Tasikharjo, Damuri, dan Kepala Desa Purworejo, Muksamiadi mengakui bahwa nilai beasiswa dan jumlah penerima setiap tahun ada peningkatan. Kebijakan ini sangat membantu untuk kemajuan desa khususnya bidang pendidikan.  

      "Banyak hal kontribusi TPPI kepada desa sekitar. Selain pendidikan, bantuan juga diberikan untuk bidang olahraga, sosial kebudayaan hingga penanggulangan Covid-19 sejak tahun 2020," pungkas Kades Purworejo.






      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more