Unair Beri Penyuluhan Daring Pentinganya Gizi di Masa Pandemi

Selasa, 21 Juli 2020, Dibaca : 148 x Editor : nugroho

Ist
TINGKATKAN SDM : Peserta penyuluhan daring pentingnya gizi di masa pandemi yang dilaksanakan dosen muda Unair.


SuaraBanyuurip.com -  Edi Supraeko

Bojonegoro - Sejak diumumkan kasus pertama pada bulan Maret 2020, jumlah terkonfirmasi positif di Indonesia hingga bulan Juli 2020 mencapai 88.214 kasus dengan total 4.239 meninggal dunia. Berbagai upaya pencegahan dan penanganan perlu dilakukan agar corona bisa dicegah. Salah satu pencegahan penting yaitu melalui pengaturan gizi yang optimal.

Menilik persoalan tersebut, dosen muda gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) melakukan penyuluhan online bertajuk "Gizi dan Imunitas". Penyuluhan  membahas secara holistik tentang seluk beluk COVID-19 dan pencegahannya, peran gizi atau makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh, mitos atau HOAX seputar makanan dapat mencegah corona, menjaga keamanan pangan serta aktivitas fisik yang disarankan selama masa pandemi.

Baca Lainnya :

    Penyuluhan online bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat awam. Sehingga selalu menerapkan pola makan gizi seimbang dan tidak mudah terpercaya hoax. 

    Peserta penyuluhan online sebanyak 250 orang dengan 6 pembicara yang merupakan dosen muda gizi FKM Universitas Airlangga. Peserta sangat beragam mulai ahli gizi dan paling banyak dari masyarakat awam sesuai dengan tujuan diselenggarakannya acara. Peserta terjauh datang dari Papua dan Nusa Tenggara. 

    Baca Lainnya :

      Acara berlangsung selama 120 menit (2 jam) dengan pemaparan materi serta tanya jawab interaktif. Peserta sangat antusias dengan materi yang diberikan yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk saat penyuluhan online.

      “Kami juga berharap agar masyarakat tidak abai dengan protokol kesehatan, ditunjang dengan asupan gizi yang optimal agar dapat terhindar dari infeksi virus COVID-19. Terutama saat ini jumlah kasus, khususnya di Jawa Timur, semakin meningkat setiap harinya," ujar Ketua Panitia, Mahmud Aditya Rifqi, melalui surat elektronik yang dikirim ke redaksi suarabanyuurip.com, Selasa (21/7/2020).

      Pihaknya berharap masyarakat semakin memperhatikan asupan gizi seimbang, antara karbohidrat, protein hewani dan nabati, tak lupa sayur dan buah yang merupakan sumber penting vitamin dan mineral untuk meningkatkan imunitas tubuh.  

      "Hasil survey nasional di tahun 2014 menyebutkan lebih dari 90% masyarakat Indonesia masih kurang mengonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran. Masa pandemi Covid-19 dapat menjadi momen untuk mengubah perilaku makan agar lebih sehat," ajaknya.(edi)



      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more