Vocational Training Resmi Ditutup

Rabu, 31 Oktober 2012, Dibaca : 1197 x Editor : nugroho

edy purnomo
SIMBOLIS : Dompet Duafa memberikan cindera mata kepada perwakilan MCL dalam penutupan program vocational training..


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Pelatihan keterampilan dibidang Minyak dan Gas(Migas) yang diadakan Mobil Cepu Limited (MCL), operator minyak Blok Cepu resmi ditutup, Rabu (31/10/2012) di Gedung KSPKP Tuban, Jawa Timur. Pelatihan kali ini MCL menggandeng Dompet Dhuafa sebagai pelaksana program melibatkan sekitar 116 pemuda dari enam kecamatan yang menjadi lintasan pipa minyak Banyuurip hingga bibir pantai Palang, Tuban.

Enam kecamatan itu diantaranya adalah Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang, Semanding, Widang, dan Kecamatan Palang. Pelatihan itu ditutup Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tuban,  M Nawawi.

Baca Lainnya :

    M. Nawawi menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pola pelatihan dengan memberikan "kail" atau pancingan berupa skill kepada pemuda yang ada di Tuban. Diharapkan, setelah ini peserta pelatihan siap untuk bersaing dengan masuk didunia usaha atau mungkin berwiraswasta.

    "Kami ucapkan terima kasih kepada MCL dan BP Migas, dan kami tunggu program selanjutnya untuk pemuda Tuban," ujar Nawawi sebelum menutup acara.

    Baca Lainnya :

      Sementara itu, Perwakilan dari Dompet Dhuafa Deni Pribadi menjelaskan, program pelatihan ini mempunyai tujuan memberikan wawasan kepada pemuda yang desanya menjadi lintasan pipa untuk masuk didunia kerja. Baik itu dengan menggunakan skill nya untuk melamar pekerjaan atau bisa membuat usaha sendiri (berwirausaha), seperti yang sudah dilakukan oleh beberapa peserta pelatihan.

      "Kita berharap, setelah ini peserta bisa mengembangkan skill untuk mulai beraktifitas usaha," tambahnya.

      Pada bagian lain, perwakilan BP Migas Ami Herawati memberi masukan untuk pelatihan selanjutnya, yaitu dengan memberikan pelatihan secara seimbang baik itu kepada kaum laki-laki maupun perempuan. Masukan ini dia lontarkan setelah melihat peserta yang hadir di Gedung KSPKP Tuban semuanya adalah laki-laki.

      "Untuk pelatihan selanjutnya, kami berharap bisa diberikan kepada perempuan juga," ujar Ami dalam sambutannya.

      Diketahui, peserta pelatihan dibagi menjadi dua gelombang, gelombang pertama pelatihan diadakan pada bulan Juni dan Juli 2012 di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dan gelombang kedua diadakan pada Agustus dan September di SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan digabung beberapa peserta dari wilayah Bojonegoro. Hadir dalam penutupan pelatihan sekitar 60 peserta, perwakilan dari MCL, perwakilan dari BP Migas, perwakilan dari Pemkab Tuban dan Dompet Dhuafa selaku pelaksana program. (edp/suko)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more