Wisata Phutuk Kreweng Mojodelik Resmi Dilaunching

Sabtu, 10 April 2021, Dibaca : 840 x Editor : samian

Samian Sasongko
RESMI : Kades Yuntik Rahayu (kiri) dan Wabup Budi Irawanto, potong pita tanda wisata Phutuk Kreweng resmi dilaunching.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Pemerintah Desa (Pemdes) Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, resmi melaunching wisata Phutuk Kreweng, yang terletak di wilayah Hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gledegan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Clangap, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, Sabtu (10/04/2021).

Dimana wisata Desa Mojodelik tersebut mulai dilaksanakan pembangunan pada 26 Juni 2020 hingga 10 April 2021. Sedangkan sumber dana pembangunan bersumber dari gaji Kepala Desa (Kades) Mojodelik, Hj Yuntik Rahayu, selama satu periode masa jabatan, yaitu 17 April 2020 sampai 17 April 2026, sebesar Rp 481.290.000, dan uang pribadi Hj Yuntik Rahayu sebesar Rp 1.818.710.000.

Baca Lainnya :

    Hadir dalam acara, Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro Budi Irawanto, Anggota Komisi C DPRD Bojonegoro Natasha Devianti, jajaran perhutani KPH Bojonegoro, Muspika Gayam, Perangkat Desa Mojodelik, dan tokoh masyarakat desa setempat.

    "Kami mengucapkan terima kasih Pak Wabup Budi Irawanto dan Mbak Natasha Devianti Komisi C DPRD Bojonegoro, berkenan hadir dalam acara launching wisata Phutuk Kreweng. Alhamdulillah kegiatan launching wisata Phutuk Kreweng berjalan lancar, aman, dan kondusif," kata Kades Mojodelik, Hj Yuntik Rahayu, kepada Suarabanyuurip.com disela-sela kegiatan.

    Baca Lainnya :

      Kades ring satu Lapangan Migas Banyu Urip dan Jambaran-Tung Biru ini menjelaskan, bahwa demi kemajuan Desa Mojodelik pengelolaan wisata Phutuk Kreweng sekarang ditangani oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bumi Rahayu dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Langgeng. Dengan persentase 30% Perhutani, 70 % pengelola Pokdarwis dan LMDH serta buat Desa Mojodelik.

      "Pengelolaan Wisata Phutuk Kreweng sekarang saya serahkan ke Pokdarwis Bumi Rahayu dan LMDH Wono Langgeng, untuk dikelola buat kemajuan Desa Mojodelik. Meski belum selesai pembangunannya, insyaallah saya akan jadi pelindung mereka sepanjang masa," ujar Kades wanita pertama Mojodelik ini.

      Pokdarwis dan LMDH, lanjut Yuntik Rahayu, harus bisa mandiri untuk bisa menjalankan perkembangan wisata Puthuk Kreweng. Dengan berjalannya waktu, dan ramai pengunjung maka dengan sendirinya akan bisa membantu ekonomi warga Mojodelik.

      "Mari anak anak muda sebagai generasi penerus, dan terkait lainnya harus semangat untuk mewujudkan harapan bersama Desa Mojodelik kedepan menjadi sejahtera disegala bidang," pungkas Kades Mojodelik dua periode ini.

      Ditempat yang sama, Wabup Budi Irawanto, mengapresiasi atas dilaunchingnya wisata Phutuk Kreweng oleh Pemdes Mojodelik. Diharapkan kedepan wisata Phutuk Kreweng mampu meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desa Mojodelik. Selain itu juga dapat mengurangi pengangguran yang ada.

      "Semoga keberadaan wisata Phutuk Kreweng ini menjadikan contoh bagi desa lainnya untuk bisa mengembangkan wisata di desa masing-masing," sambung Mas Wawan sapaan akrab Budi Irawanto.

      "Mudah-mudahan dengan dilouncingnya wisata Phutuk Kreweng hari ini kedepan dapat semakin menjadi destinasi wisata bagi pengunjung, tidak hanya dari warga sekitar Mojodelik saja, namun juga dari luar Bojonegoro. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga Desa mojodelik," imbuh Natasha Devianti Anggota Komisi C DPRD Bojonegoro ini.

      Dalam kegiatan launching wisata Phutuk Kreweng tersebut ditandai dengan pemotongan pita Kades Mojodelik Yuntik Rahayu, dan Wabup Bojonegoro Budi Irawanto.(sam)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more