Senin, 28 Mei 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Puluhan Guru Tuban Belajar Susun Modul

Editor: samian
Sabtu, 10 Februari 2018
Ali Imron
ANTUSIAS : Sebanyak 60 peserta serius mendengarkan materi pembuatan modul di PBG Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Puluhan guru di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, selama dua hari ke depan belajar menyusun modul pelatihan bersama Dosen Unesa Surabaya, Prof.Dr. Murtaji di ruang Banyuurip Pusat Belajar Guru (PBG) Jalan Panglima Sudirman Tuban.

Kegiatan In House Training (IHT) ini diharapkan mampu memberikan penyegaran dan menggungah motivasi para Pengelola dan Guru Ahli Pusat Belajar Guru Tuban untuk tetap berkarya.

"Pelatihan ini benar-benar penting untuk meningkatkan kualitas pendidik," ujar salah satu peserta asal SMAN 3 Tuban, Muntianah, kepada suarabanyuurip.com, saat jeda istirahat, Sabtu (10/2/2018).

Dengan bekal pembuatan modul seperti ini, peserta didik akan belajar dengan baik. Di samping itu, kapasitas guru perlahan akan meningkat dan profesional.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Fathul Mu'in, menambahkan, PBG Tuban sebagai salah satu institusi Pendidikan yang ada di Kabupaten Tuban selalu berupaya untuk mewadahi kebutuhan guru-guru melalui berbagai kegiatan guna peningkatan kualitas peserta didik dan profesionalitas individu.

Melalui dukungan yang sangat besar dari operator Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), PBG Tuban mampu menyelenggarakan serangkaian kegiatan peningkatan professional bagi guru-guru melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL). Bagi jenjang TK, Lomba Penyusunan Modul bagi jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, serta In House Training bagi Pengelola dan Guru Ahli (GA) Pusat Belajar Guru Tuban.

Pendidikan sebagai salah satu wadah pembentukan karakter dan kepribadian, mempunyai peran yang sangat penting dalam mempersiapkan generasi-generasi muda yang berakhlak baik, berdaya saing tinggi, berkompeten, produktif, kreatif serta berkarakter di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Oleh karena itu, peran guru sebagai agent of change diharapkan selalu siap dan mampu membelajarkan sikap (karakter) kepada para peserta didik. Dengan tuntutan selalu ada up-date dan up-grade kemampuan, karena tuntutan perubahan dunia informasi dan teknologi yang semakin maju.

Dalam kegiatan ini juga ada pemberian hadiah dari serangkaian kegiatan lomba, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras, pemikiran kreatif dan inovatif kepada para peserta. Hadiah tersebut diharapkan akan menjadi motivasi tersendiri bagi mereka, untuk tetap aktif meningkatkan kompetensi dan profesionalitas mereka.

"Modul ini juga bekal menyusun jurnal," sergah Mu'in.

Kegiatan yang bertemakan guru mulia karena karya ini, bertujuan memberikan sebuah wacana baru dalam mengembangkan kemampuan individu untuk berkreasi dan berkarya secara inovatif. Sekaligus meningkatkan kompetensi menulis para Pengelola dan Guru Ahli PBG Tuban, dan memberi kesempatan kepada Pengelola dan Guru Ahli untuk berkreasi dan berkarya yang berjumlah 60 orang.

"Alhamdulillah sejak 2016 PBG telah menerbitkan 8 jurnal," pungkasnya.(Aim)

 

 

Dibaca : 435x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan