Senin, 25 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Tuntut Kompensasi Kebisingan Suara

Editor: nugroho
Kamis, 08 Desember 2011

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Warga sekitar Sumur Gas Tiung Biru (TBR)-B, Blok Gundih, di Desa Kalisumber, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jatim, mulai bising dengan suara pemboran di sumur tersebut. Warga menduga suara bising itu berasal dari mesin genset dan suara sirine tanda pergantian ship pekerja pemboran.

“Suara itu bila malam membuat istirihat saya dan warga yang berada dekat dengan pemboran menjadi tidak tenang dan nyaman. Saya sering kaget mendengar suara keras dari pemboran,” kata Rawuh, salah satu warga setempat yang tinggal dekat pemboran.

Akibat suara bising ini, warga meminta agar pemerintah kabupaten melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) segera melakukan uji ambang batas sauara pemboran dari sumur gas milik Pertamina EP tersebut. Sebab warga menduga suara bising di pemboaran itu teleh melebihi ambang batas.

“Kami juga minta ada ganti untung atas suara bising ini. Karena ini sudah menggangu kenyamanan warga,” tegas Rawuh.

Tuntutan warga ini telah disampaikan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kalisumber. Bahkan, BPD pun telah melayangkan surat tertulis kepada pihak Kecamatan Tambakrejo atas keluhan yang dirasakan warga sekitar pemboran TBR-B.

”Keluhan itu telah saya sampaikan kepada pak Camat Tambakrejo secara tertulis,” sambung Hari, Sekretaris BPD Kalisumber.

Menurut Hari, permintaan warga untuk memperoleh ganti untung ini adalah wajar. Sebab mereka sudah dirugikan akibat kegiatan pemboran.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Tambakrejo, Djoko Lukito membenarkan, bila pihaknya menerima laporan tertulis dari warga sekitar Sumur Gas TBR, Desa Kalisumber. Dari laporan itu, ada sebanyak 100 warga yang merasa dirugikan akibat kebisingan suara pemboran.

”Kita sudah koordinasikan masalah ini dengan Pertamina. Pada prinsipnya Pertamina mau memberikan ganti untung,” jelas Djoko.

Hanya saja, Djoko belum mengetahui secara pasti berapa nomilal ganti untung yang akan diberikan Pertamina kapada warga akibat kebisingan tersebut.

Dibaca : 2008x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan