BI Dukung Pengambilalihan Gas Cepu Oleh Pertamina

SuaraBanyuurip.comD Suko Nugroho

Wacana pergantian operator gas cepu dari Mobil Cepu Limited (MCL), anak perusahaan ExxonMobil, ketangan Pertamina mendapat dukungan Bojonegoro Institute (BI), lembaga non pemerintah yang konsen terhadap kegiatan migas.

“Sudah waktunya pemerintah lebih memberikan kesempatan kepada badan usaha milik Negara (BUMN) yakni Pertamina sebagai operator gas cepu,” kata Mustofirin, Koordinator Riset Migas Bojonegoro.

Kesempatan menjadi Operator gas Cepu yang diberikan ini akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dan perkembangan Pertamina dalam kancah insdutri migas. Sehingga perusahaan  negara ini mampu memenuhi kebutuhan energi dalam negeri dengan mengoptimal sumber daya alam (SDA) ditanah air.

“Apalagi selama ini pertamina sudah banyak melakukan perubahan (reformasi) yang lebih baik. Sehingga dapat mengembalikan citra Pertaminan pada publik,” tegas pria asli Blora Jateng ini.

Meski demikian dia juga mengingkatkan agar Pertamian harus memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan pengelolaan dan keselamatan lingkungan, dampak social ekonomi masyarakat, dan dana bagi hasil (DBH) migas yang diterima Kabupaten Bojonegoro sebagai daerah penghasil.

Baca Juga :   Ketua PC Muslimat NU Bojonegoro Ajak Coblos Mulyo-Atine

“Karena itu harus ada keterbukan dari Pertamina maupun pemerintah pusat. Mulai dari perjanjian yang akan dibuat, fase kegiatan, dan peluang-peluang ekonomi musti diumumkan secara terbuka dan melibatkan pemerintah daerah,” pungkasnya.

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *