Kontraktor EPC 2 Pasrah pada BUMD

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia Nafitasari

Konsorsium PT. Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) dan PT. Kelsri, kontraktor pemenang tender proyek engineering, procurement and construction (EPC) 2 Banyuurip, Blok Cepu, pasrah kepada PT. Bangkit Bangun Sarana (BBS), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bojonegoro. Kontraktor Mobil Cepu Limited (MCL), Operator Blok Cepu itu, menyerahkan semua peket pekerjaan dan tenaga kerja kepada perusahaan plat merah.  

Edy Kuswara, Perwakilan IKPT menjelaskan, untuk pekerjaan pipanisasi darat sepanjang 72 kilo meter (KM), kurang lebih 30 km pengerjaan berada di area Bojonegoro. Pipanisasi akan diawaali dari Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro hingga ke Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, yang melintasi 26 desa.

“Untuk pekerjaannya nanti perhari rata rata 150 m,” katanya saat memaparkan konsep pelibatan kandungan lokal dalam projectnya kepada Tim Optimalisasi Kandungan Lokal bentukan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Selain pemasangan pipa, lanjutnya, untuk kendaraan yang akan mengangkut pipa ke jalur pipa akan menggunakan jalur desa terdekat yang memenuhi standart mengangkut pipa. Dalam pekerjaan nanti akan diprioritaskan masyarakat lokal.

Baca Juga :   Ditilap Pokmas, Pemdes Kalisumber Lapor Dewan

“Kita serhakan masalah tenaga kerja dan paket pekerjaan kepada pemkab dan BUMD agar kandungan lokal dapat terlibat maksimal,” paparnya.

Paket pekerjaan tersebut antara lain paket penyewaan lahan di Bojonegoro sebagai tempat penimbunan pipa, pemagaran lahan sebagai penimbunan pipa dan pekerjaan pekerjaan pembersihan pipa serta pemasangan patok di KM pipa kemudian penyewaan alat konstruksi berat yang kompetitif dan memenuhi syarat
”Juga perbaikan sarana sosial yang rusak akibat pipanisasi kita serahkan ke BUMD menjadi satu paket,” tuturnya.
Ditambahkan, tenaga kerja yang digunakan dibawah Tim Optimalisasi dan PT. Bangkt Bangun Sarana (BBS), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bojonegoro, ada 3 klasifikasi yaitu tenaga kerja tanpa keahlian, semi keahlian dan keahlian.

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *