Pemasangan Pipa Minyak Blok Cepu Didemo Warga

demo pipa tuban

SuaraBanyuurip.comEdy Purnomo

Tuban – Sekitar 60 pemuda Desa Banjaragung Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jatim, berunjukrasa menentang pemasangan  pipa minyak Blok Cepu milik PT. Inti Karya Persada Teknik (IKPT), kontraktor pelaksana engineering, procurement and construction (EPC) 2 Banyuurip, di desa setempat, Senin (6/8/2012).

Alasannya, kontraktor Mobil Cepu Limited (MCL) itu selama ini dianggap tidak melibatkan warga setempat dalam pelaksanaan proyek. Terbukti dengan banyaknya pegawai yang direkrut dari luar daerah.

Dalam demo itu puluhan pemuda datang dengan membawa spanduk bertulisakan “Bongkar Nepotisme, Kami muak dengan Ketidak adilan, Semua butuh kerja, janji-janji merupakan sampah bagi kami, meneriakkan  beberapa orasi yang intinya menuntut perusahaan untuk lebih memaksimalkan warga setempat daripada warga asing.

“Tolong berikan pekerjaan kepada kami. Jangan kepada warga lain,” ujar salah satu pemuda dalam unjuk rasa.

Setelah melakukan negoisasi, beberapa perwakilan pemuda ditemui perwakilan IKPT didampingi Kepala Desa Banjaragung, Kapolsek Rengel dan Camat Rengel Tasudin Tibyo.

Dalam pertemuan tersebut perwakilan massa menyampaikan beberapa tuntutan diantaranya perusahaan harus memberikan peluang kerja lebih besar kepada warga lokal yaitu mencapai 70%.

Baca Juga :   Kantor Desa Campurejo Akan Dipasang CCTV

Lain itu perusahan diminta lebih terbuka menyampaikan pengumuman informasi lowongan kerja dengan cara melibatkan semua pihak dalam perekrutan. Seperti kecamatan, pemerintah desa dan yang terpenting adalah melibatkan Karang Taruna yang selama ini lebih mengetahui kondisi SDM pemuda setempat.

“Karang Taruna lebih paham kondisi masyarakat setempat,” ujar Wijiono, pengurus Karang Taruna sekaligus kordinator aksi.

Dikonfirmasi setelah aksi, Direksi IKPT, Ivan Tarigan menyatakan,  untuk penyerapan tenaga kerja lokal akan disesuaikan dengan kebutuhan tenaga kerja yang ada. Sedang  untuk mengumumkan tentang rekrutmen pegawai, akan menerima masukan dari massa aksi dengan memberikan informasi secara langsung dari tingkat kecamatan, desa dan akan berkordinasi dengan Karang Taruna.

“Biar tidak ada miss komunikasi lagi,” sambung Ivan.

Untuk diketahui, PT.IKPT adalah kontraktor MCL yang akan mengerjakan pipanisasi darat 20 inci sepanjang 70 kilo meter mulai Lapangan Banyuurip, Blok Cepu di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro hingga bibir pantai Palang Tuban. Juga pipa bawah laut sepanjang 23 km hingga tempat penampungan minyak ditengah laut. (suko)

Baca Juga :   Angkat Girder Jembatan Jetak, Dishub Siapkan Rekayasa Lalin

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *