Warga Tersinggung Ucapan Wakapolres Tuban

demo pipa

SuaraBanyuurip.comEdy Purnomo

Tuban –Aksi ratusan warga yang merupakan ahli waris Mangil, pemilik lahan yang berada di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dipicu oleh ucapan Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Tuban, Kompol Radiant. Yang mana saat melakukan pertemuan antara perwakilan ahli waris dengan Operator Migas Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL), yang difasilitasi Polres pada Jumat, 8 Nopember 2013 lalu, Wakapolres Tuban mempersilahkan operator untuk melayangkan surat permohonan pengamanan ke Polda Jatim, untuk melakukan penanaman pipa di tanah milik Mangil.

Hal inilah yang memicu ketersinggungan ahli waris karena polisi terkesan lebih memihak kepada MCL. Buntutnya, ratusan ahli waris Mangil dari Desa Glodog dan Desa Karangagung, Kecamatan Palang, mendatangi Palang Station milik MCL di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang, Rabu (13/11/2013) sore tadi.

“Kami kecewa, itu berarti polisi memihak kepada MCL,” tegas Kartaji (46), cucu pertama dari Mangil, yang ikut melakukan aksi di lokasi Palang Station.

Karena itu mereka ingin menunjukkan kalau semua anak cucu dari Mangil akan mempertahankan kepemilikan tanah tersebut.

Baca Juga :   Manfaatkan Momen Piala Dunia, Warkop Buka 24 Jam

“Kami akan tetap bertahan.  Ini belum semua kerabat kami ikut dalam aksi,” sergah Murtadi (55), ahli waris lain, sambil menunjuk kerumunan massa.

Diketahui, selama ini aksi protes awalnya memang hanya dilakukan belasan orang. Baru pada sore hari tadi, ahli waris mengumpulkan semua sanak saudara yang masih menjadi kerabat almarhum Mangil, sang pemilik tanah. Jumlahnya berkisar sekitar 100 orang. Mereka mengaku, masih banyak kerabat lain yang belum ikut dalam aksi protes ini.

Sementara itu, menanggapi kekecewaan warga, Kapolres Tuban, AKBP. Ucu Kuspriyadi, mengatakan, surat yang dikirmkan Polres ke Polda Jatim itu hanya untuk mempemudah koordinasi. Karena selama ini pengamanan proyek migas termasuk milik MCL dilakukan oleh Direktorat Pengamanan Obyek Vital (Ditpamobvit) yang berada dibawah naungan Polda Jatim.(edp)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *