Pemkab Jamin Tak Ada Kelangkaan Pupuk

musim tanam

SuaraBanyuurip.comEdy Purnomo

Tuban – Meski sejumlah daerah di Indonesia santer tersiar kabar kelangkaan  pupuk untuk kebutuhan petani, tapi Pemkab Tuban menjamin kalau hal tersebut tidak akan terjadi di Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Media Pemkab Tuban, Sulistiyadi, ketika dihubungi melalui ponselnya. Didit, sapaan akrab dari Sulistiyadi, mengatakan, kalau cadangan pupuk untuk Tuban sudah sangat cukup. Serta sudah sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Hingga sekarang, stok pupuk di Kabupaten Tuban aman,” kata Didit usai memastikan kesediaan pupuk di Tuban, Rabu (25/12/2013).

Meski begitu Didit menjelaskan, apabila di lapangan ada temuan kelangkaan pupuk oleh petani. Maka pihaknya meminta supaya temuan tersebut segera dilaporkan ke UPTD Pertanian yang ada di masing-masing wilayah kecamatan. Supaya cepat mendapat penanganan.

Dia juga meminta agar petani melaporkan apabila ada pedagang yang menjual pupuk di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan. “Kalau ada kelangkaan dan menjual di atas HET, segera laporkan ke UPTD terkait,” tegas Didit.

Baca Juga :   Polisi Periksa Peyebar Kabar Helikopter Jatuh

Muhammad Anwar, salah satu distributor pupuk resmi bersubisidi juga mengatakan, hal serupa. Selain stok yang aman harga juga tidak akan melambung tinggi.

“Kalau ada harga naik karena transportasi, tidak akan melebihi 5 ribu rupiah,” jelas Anwar.

Saat ini harga untuk pupuk urea sesuai HET adalah Rp90 ribu, SP36 dengan harga Rp100 ribu, kemudian untuk pupuk jenis Phonska adalah Rp115 ribu per saknya. (edp)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *