Cuaca Membaik EPC 3 Mulai Dikerjakan

SuaraBanyuurip.comEdy Purnomo

Tuban – Penanaman pipa Banyuurip, Blok Cepu di perairan laut utara di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mulai dilaksanakan setelah membaiknya cuaca di perairan setempat. Pipanisasi 20 inci itu dikerjakan Konsorsium PT Rekayasa Industri (Rekind) – LIKPIN, kontraktor Mobil Cepu Limited (MCL), operator migas Blok Cepu.

Pantauan di lokasi, tepatnya di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban beberapa pipa menuju ke pantai sudah mulai terpasang meski belum dilakukan penanaman. Namun begitu belum ada aktivitas yang mencolok di perairan setempat.

“Sudah mulai kami laksanakan pengerjaan, Mas,” jelas Communications Relations PT Rekayasa Industri (Rekind), Erik Kristian, kepada SuaraBanyuurip.com melalui ponselnya, Sabtu (8/2/2014).

Erik menjelaskan, kalau saat ini masih dalam tahap pemasangan Sleeper, atau tatakan yang dipergunakan untk pemasangan pipa. Untuk pekerjaan ini tidak terlalu dipengaruhi cuaca karena memang bukan pekerjaan gerak.

Sementara itu, kapal yang digunakan untuk melakukan pengeceran pipa juga sudah mulai masuk di perairan Kabupaten Tuban. Kabarnya kapal ini sempat berhenti dahulu di perairan Kabupaten Gresik akibat cuaca buruk.

Baca Juga :   Dukung BPK Audit Lingkungan

“Sekitar dua minggu kemarin memang sempat berhenti dahulu di Gresik, tapi sekarang sudah berada di perairan utara karena cuaca juga tidak seburuk kemarin,” ujar Erik menambahkan.

Ditanya perkiraan target penyelesaian pekerjaan yang masuk dirangkaian Engineering Procurement and Constructions (EPC) 3 Banyuurip itu, Erik belum bisa memastikan. Karena pengerjaan penanaman pipa di dasar laut sangat tergantung dengan cuaca.

“Normalnya ya 1,5 hingga 2 bulan,” tandas Erik.

Untuk diketahui, EPC 3 Banyuurip merupakan proyek penanaman pipa sepanjang 23 kilometer dari lepas pantai Kecamatan Palang menuju laut lepas. Sebelumnya pipa ini disambungkan dengan pipa darat sepanjang 72 kilometer dari Kabupaten Bojonegoro menuju Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Pipa  itu berfungsi mengalirkan minyak mentah dari Lapangan Banyuurip di Desa Mojodelik pada produksi puncak blok Cepu.(edp)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *