Tiga Parpol Belum Lengkapi Laporan Dana Kampanye

SuaraBanyuurip.comAli Musthofa

Blora – Ancaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah mencoret keikusertaan partai politik (Parpol) dalam Pemilu 2014, seandainya ada parpol yang tidak melaporkan dana kampanyenya ternyata berhasil. Sampai batas akhir pelaporan, semua partai sudah menyerahkan laporan dana kampanyenya.

Ketua KPU Blora, Arifin menyebutkan, pelaporan dana kampanye itu sesuai amanat pasal 138 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD,  yang mana peserta pemilu wajib menyampaikan laporan awal dana kampanye kepada KPU sesuai tingkatan dengan batas waktu maksimal 14 hari sebelum jadwal kampanye terbuka atau 2 Maret 2014.

“Semua parpol sudah menyampaikan laporan dana kampanyenya. Terakhir tanggal 2 maret pukul 18.00 WIB,” ujar Arifin kepada suarabanyuurip.com, Senin (3/3/2014) malam kemarin.

Anggota KPU Blora Divisi Hukum, Kampanye, Pencalonan dan Pengawasan KPL, M. Hamdun, membenarkan kalu semua parpol di Blora sudah menyerahkan laporan dana kampanyenya. Namun dari 12 parpol itu ada tiga yang belum lengkap yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat.

Baca Juga :   Holcim Minta Segera Mengurus Administrasi Pencairan

Hamdun menegaskan, bahwa semua parpol peserta pemilu wajib melaporkan sumbangan dana kampanye kepada KPU secara periodik. “Bila tidak melaporkan sanksi tegasnya bisa dicoret dari perserta pemilu,” tandasnya.

Terkait belum lengkapnya ketiga partai itu, Hamdun tidak akan memberikan sanksi yang dimaksud. “Tidak kena sanksi, karena sudah lapor. Namun belum lengkap,” pungkas Hamdun.(ali)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *