Patroli Hutan Cegah Pembalakan Liar

kapolres patroli hutan

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro – Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, bersama Perhutani Bubulan, melakukan patroli hutan di wilayah Kecamatan Bubulan, pada hari Sabtu (17/9/2016) kemarin siang.

“Patroli ini kami lakukan setelah vicon bersama Menteri Lingkungan Hidup sebulan yang lalu, agar seluruh wilayah untuk mewaspadai kebakaran hutan,” ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, Minggu (18/9/2016).

Patroli hutan sangat penting dilakukan secara rutin, guna meminimalisir pencurian dan pembakaran hutan dengan sengaja untuk membuka lahan pertanian yang baru supaya mudah dan cepat tanpa memerlukan biaya yang mahal.

Sementara itu, kepala RPH Clebung, Kecamatan Bubulan, Dwi Priyatno, menyampaikan, pembakaran hutan di wilayahnya jarang terjadi. Sedangkan pembalakan liar untuk skala besar sudah tidak ada.

“Kalaupun masih ada, hanya masyarakat sekitar wilayah Desa Clebung, yang  mengambil untuk kebutuhan rumah tangga saja,” imbuhnya.

Jika terjadi kebakaran hutan, di setiap kantor RPH sudah tersedia alat pemadam kebakaran, yaitu berupa susunan bambu yang diikat secara sejajar yang jika digunakan untuk memadamkan api dengan cara dikebas-kebaskan kelahan yang terjadi kebakaran hingga padam.

Baca Juga :   Muncul Ledakan, Tanah di Wonocolo Retak

“Sedangkan untuk warga masyarakat yang masih melakukan pencurian, kami sudah lakukan penyuluhan-penyuluhan tentang pelanggaran tindak pidana pencurian kayu,” sambungnya. (Rien)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *