Pastikan KISD Diterima 250 ribu Warga Miskin

Kadinkes Tuban Saiful Hadi

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban – Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jawa Timur memastikan, program Kartu Indonesia Sehat Daerah (KISD) yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bakal diterima oleh 250 ribu warga miskin di wilayahnya. Saat ini baru ada 5.120 kartu yang siap didistribusikan.

“Program pengganti SKTM ini nantinya menjadi jaminan kesehatan masyarakat,” ujar Kepala Dinkes Tuban, Saiful hadi, kepada suarabanyuurip.com, Selasa (31/1/2017).

Saiful menjelaskan, skema pembagian kartu ini bakal disalurkan melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 20 kecamatan. Untuk mendapatkannya masyarakat perlu melapor ke pamong desa untuk diverifikasi.

Hasil survei Pemerintah Pusat melalui Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 250 ribu penduduk miskin di Tuban yang berhak menerima bantuan kesehatan. Jumlah ini separuh lebih sedikit, dibandingkan masyarakat yang mengajukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) tahun 2016 mencapai 519 ribu orang.

Menurutnya, penggantian SKTM ke KISD awal 2017 ini sangat menguntungkan dua belah pihak. Bagi masyarakat SKTM hanya berlaku untuk pemegang kartu (satu orang), sedangkan KISD dapat digunakan untuk sekeluarga ketika sakit.

Baca Juga :   1.037 Masyarakat dan Pelajar Ikuti Vaksinasi di SMKN Ngasem

”KISD ini juga dapat diperpanjang setiap tahunnya,” imbuhnya.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh pemerintah daerah (Pemda), dapat menghemat biaya kesehatan Rp 21 miliar setiap tahun. Penyebabnya dalam setiap bulannya ada 600 orang yang mengajukan SKTM. Ketika dihitung satu tahun total pengeluaran yang ditanggung daerah mencapai Rp 23 miliar.

“Penghematan inilah dapat digunakan membiayai orang miskin dengan pelayanan kelas tiga,” tandasnya.

Diakuinya peralihan SKTM ke KISD ini awalnya mendapat penolakan dari masyarakat, maupun akademisi. Ketika dijelaskan latar belakang penghapusan SKTM, rata-rata langsung menerima dan mendukung supaya KISD tepat sasaran. (Aim)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *