Pelaku IKM Bojonegoro Dilatih Branding Melalui Digital Marketing

IKM di Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, ikuti workshop digital marketing.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Ruang Digital Markerter (RDM) Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar Workshop Digital Marketing, Rabu (21/12/2022). Tujuan workshop ini untuk memberikan bekal teknologi digital sangat dalam sektor pemasaran bisnis.

Workshop ini mengambil tema “Kolaborasi Ruang Digital Marketing Temayang dengan pelaku industri kecil menengah  (IKM)/UMKM di Kecamatan Temayang dan Branding Produk Melalui Marketplace”. Workshop diikuti 30 pelaku IKM/UMKM yang ada di Kecamatan Temayang.

Koordinator Ruang Digital Markerter Temayang Diki Alamzyah mengatakan, kondisi yang serba digital ini, penguasaan teknologi digital sangat diperlukan. Terutama dalam sektor pemasaran bisnis.

“Kedepan dengan adanya Workshop Digital Marekting ini, RDM Temayang bisa berkolaborasi dengan pelaku IKM/UMKM yang ada di Kecamatan Temayang untuk mewujudkan produk berkualitas hingga go nasional,” katanya.

Dia mengatakan, pelaku usaha ini juga diberikan materi mengenai search engine marketing (SEM), search engine optimazion (SEO), dan content marketing. Juga otomatisasi pemasaran, foto produk, dan sosial media marketing untuk memberikan penguasaan teknologi dan cara pemasaran yang modern.

Baca Juga :   Pemerintah Kembali Buka Ekspor Minyak Goreng, Ini Alasannya

Sementara itu, Camat Temayang Kasmari mengapresiasi kegiatan dari teman-teman Ruang Digital Markerter Temayang yang berkolaborasi dengan IKM/UMKM di wilayah Kecamatan Temayang untuk mewujudkan produk unggulan yang go nasional.

“Branding produk juga sangat penting, apalagi pelaku IKM/UMKM hari ini dituntut untuk menguasai media” katanya.

Dia mengatakan, agar pemasaran produk IKM/UMKM luas juga harus memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (PIRT). Sebab, di era digitalisasi ini perlu adanya perencanaan dan manajemen konten agar timbul optimalisasi yang berjenjang.

Karena itu, setiap orang dituntut menguasai teknologi dalam pemasarannya. Berbagai macam sosial media yang bisa digunakan saat ini sangat variatif seperti instagram, Tiktok, hingga story whatsapp. Dengan adanya berbagai macam media akan memudahkan pebisnis dalam menjalankan marketing.

“Kemudahan ini bisa dikembangkan oleh pebisnis untuk memaksimalkan marketing suatu produk kepada calon pelanggan,” katanya.(jk)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *