PGN Bojonegoro Dukung Paguyuban UMKM Sosialisasikan Legalitas Usaha di Lamongan

SOSIALISASI : PGN Area Head Bojonegoro saat menyampaikan informasi seputar gas alam kepada para pelaku UMKM.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Lamongan – PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Bojonegoro memberikan dukungan kepada Paguyuban Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dalam bentuk sponsorship pada kegiatan bertajuk “Sosialisasi Legalitas Usaha”.

Agenda penyuluhan yang dikemas dalam acara Silaturahmi Paguyuban UMKM se Kecamatan Deket ini dihadiri oleh Area Head PGN Bojonegoro, Mochamad Arif beserta jajaran dan dipandu oleh Ketua Paguyuban UMKM kecamatan setempat, Devi Dwi Oktaviasari, serta diikuti sekira 300 anggota dari para produsen makanan, minuman, dan fashion berpusat di Balai Kecamatan Deket, Senin (11/12/2023).

“Kedepannya semoga bisa kerja sama dengan PGN, produk UMKM Kecamatan Deket layak untuk dipromosikan ke pusat, sebab sudah menuju legalitas,” kata Devi Dwi Oktaviasari kepada SuaraBanyuurip.com, usai sosialisasi.

Kelayakan itu berdasar pada legalitas usaha yang sebagian besar disebut sudah dipenuhi oleh para pelaku UMKM Kecamatan Deket, mulai Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), sampai izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga :   Persibo Bojonegoro Bungkam Persekabpas Pasuruan 1-0

Berkenaan penggunaan gas bumi dari PGN, perempuan yang juga menjabat Sekretaris Interpreneur Lamongan Megilan (Preman Megilan) ini mengungkapkan, rata-rata pelaku UMKM di Kecamatan Deket adalah pelanggan PGN.

“Dengan menggunakan gas bumi dari PGN tentu lebih irit ya untuk ongkos produksi, sehingga bisa menambah kesejahteraan pelaku UMKM,” beber Devi.

Sementara itu, PT. PGN Area Bojonegoro sebagai sponsor utama di kegiatan tersebut menyampaikan informasi ke semua pelaku UMKM tentang manfaat jaringan pipa gas bumi untuk digunakan sebagai bahan bakar alternatif usaha kecil yang praktis, ekonomis, aman, dan ramah lingkungan.

Jaringan pipa gas bumi dijamin mengalir 24 jam non stop melayani semua sektor pelanggan baik rumah tangga, UMKM, maupun komersial dan mengupayakan kehandalan pasokan gas agar selalu tercukupi.

Tim PGN Area Bojonegoro memberikan edukasi penggunaan gas alam PGN aman dan efisien kepada para pelaku UMKM se Kecamatan Deket, Lamongan dalam kegiatan sosialisasi legalitas usaha.

Tak hanya itu, berbagai pengenalan gas bumi disampaikan pula oleh Tim PGN yang wilayah layanannya meliputi Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan, serta diselingi pembagian cinderamata kepada para pelaku UMKM yang bisa menjawab pertanyaan seputar gas bumi.

Baca Juga :   Pelatihan Kewirausahaan Ditutup

Area Head PGN Bojonegoro, Mochamad Arif menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Paguyuban UMKM Kecamatan Deket, Lamongan sangat berarti bagi PGN sebagai subholding gas untuk mengenalkan lebih jauh tentang pemanfaatan gas alam sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang efisien, aman, dan praktis untuk dimanfaatkan oleh pengusaha UMKM.

Selain itu, pihaknya juga dapat menjaring minat dan memetakan potensi calon pengguna gas alam sebagai dasar usulan pemasangan dan pengembangan wilayah di kabupaten Lamongan. Mengingat PGN telah mengelola dan mengoperasikan jaringan gas APBN sejak tahun 2019 di wilayah Kabupaten Lamongan.

“Harapan kami dari kegiatan tersebut agar kalangan UMKM lebih memahami dan memanfaatkan fasilitas jaringan pipa gas di kegiatan usahanya yang akan menunjang kegiatan ekonomi kemasyarakatan,” tutur pria ramah ini.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *