Nani Afrida dan Bayu Wardhana Pimpin AJI Indonesia

Nani Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekjen AJI Indonesia periode 2024-2027. Mereka terpilih dalam KOngres XII AJI di Palembang, Minggu (5/05/2024) malam. (SuaraBanyuurip.com/ist)

SuaraBanyuurip.com – Paijan Sukmadikrama

Palembang – Nani Afrida dan Bayu Wardhana terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia periode 2024-2027, dalam Kongres XII Aji di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (5/05/2024) malam.

Terpilihnya Nani Afrida sebagai Ketum AJI merupakan perempuan aktifis jurnalis kedua, setelah sebelumnya Ati Nurbaiti memimpin AJI Indonesia pada periode kepengurusan tahun 2000-2003.

Pasangan Nani-Bayu (nomor urut 1) meraih 90 suara electoral. Mereka mengalahkan pasangan nomor urut 2, Aloysius Budi Kurniawan dan Iman D Nugroho (42 suara elektoral), nomor urut 3, Ika Ningtyas dan Laban Abraham Laisila (48 suara elektoral), dan pasangan nomor urut 4, Edy Can dan Asep Saefullah yang meraih 37 suara elektoral.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) AJI kali ini, pemungutan suara menggunakan sistem online. Setiap anggota AJi yang tersebar di 40 AJI Kota di tanah air yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), bisa menggunakan suaranya. Suara mereka dihitung 1 (satu) suara kemudian dikonfersi ke electoral, sesuai aturan main sesuai hasil kongres sebelumnya. Jumlah anggota di AJI Kota berpengaruh terhadap besar kecilnya suara elektoral.

Baca Juga :   Obat Nyamuk Bakar Tiga Rumah dan Satu Kandang Sapi

Pemilu AJI yang kali pertama menggunakan sistem ini diikuti 1.568 orang yang masuk dalam DPT. Dari jumlah tersebut sebanyak 1.213 orag menggunakan hak pilihnya. Pasangan Nani dan Bayu ini menggantikan Ketum Sasmito Madrim dan Sekjen Ika Ningtyas (periode 2021-2024) yang habis periode kepengurusannya.

Perempuan jurnalis kelahiran Aceh itu saat ini sebagai Pemimpin Redaksi Independen.id, pernah jadi  jurnalis di Serambi Indonesia (Tribun Network), The Jakarta Post, European Pressphoto Agency, DPA, Anadolu Agency, dan Konde.co. Pada kepengurusan AJI sebelumnya, Nani menjabat Kordinator Divisi Gender Anak dan Kelompok Marjinal.

Sedangkan Bayu Wardhana yang juga aktifis jurnalis ini, sebelumnya pernah menjadi jurnalis di Kontan. Sebelum terpilih sebagai Sekjen AJI ia juga termasuk dari bagian kepengurusan AJI sebelumnya. Saat ini Bayu adalah Pemimpin Umum Independen.id, dan editor di RRI. (pay)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *