Kenaikan Tarif KA Tak Pengaruhi Penumpang

KRD-Bjn

SuaraBanyuurip.comRirin W

Bojonegoro – Kenaikan tarif Kereta Api (KA) Kertajaya jurusan Surabaya-Jakarta hingga 70 persen, ternyata tidak mempengaruhi minat penumpang untuk memilih transportasi bergerbong ini.

Wakil Kepala Stasiun Besar Bojonegoro, Sodiq, mengungkapkan, kenaikan tarif KA Kertajaya dari Rp43.500 menjadi Rp120.000 karena pelayanan kelas ekonomi ini mengalami perubahan. Yakni, ada penambahan fasilitas AC, tempat duduk yang dibatasi, dan kebersihan yang terjaga.

“Sehingga harga tiket menyesuaikan, jika dibanding tahun lalu kondisi Kereta Api kelas ekonomi saat ini jauh lebih nyaman,” katanya, Kamis (04/4/2013).

Sementara itu, peningkatan pelayanan KA juga diberlakukan pada jenis KRD Bojonegoro-Surabaya, meskipun begitu harga tiket masih tetap yaitu Rp3000. Hal ini menambah rasa nyaman dan aman para penumpang.

“Untuk tiket KRD masih tetap sama, meskipun ada fasilitas AC namun para penumpangnya berasal dari berbagai kalangan,” paparnya.

Dia jelaskan, selama ini KA jenis KRD identik dengan kereta api murahan, dengan tempat duduk yang tidak tertata rapi dengan posisi berhadap-hadapan. Selain itu tidak ada petugas kebersihan sehingga bau busuk tersebar dimana-mana.

Baca Juga :   Jembatan Glendeng Diperbaiki, Omzet Pengelola Tambangan Rp. 1,2 Juta per Hari

“Penumpang KRD kebanyakan para pedagang, dan masyarakat dari kelas ekonomi ke bawah sehingga tampak kumuh. Tapi itu dulu, sekarang tidak lagi,” tukas Sodiq.

Tampak dari dalam gerbong KRD layaknya KA kelas ekonomi, dengan bangku yang tertata rapi, dan kebersihan yang dijaga dengan sungguh-sungguh. Tidak ada lagi suasana berdesak-desakkan.

“Wah, ya senang, Mbak, saya kalau pulang-pergi Bojonegoro-Surabaya tidak perlu menahan bau. Kalau sekarang jadi nyaman,” kata Amir (35), warga Desa Pacul, Kecamatan Sukorejo, Bojonegoro yang mengaku kerap ke Surabaya untuk kulakan dagangan baju miliknya di pasar kota setempat.

Tidak hanya itu, beberapa penumpang lainnya mengaku senang karena sekarang ini pelayanan pemerintah yang memuaskan, dan tidak pandang bulu. Mereka berharap, meskipun harga tiket terbilang murah tapi fasilitas yang diberikan tetap berkualitas demi kenyamanan bersama. (rien)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *