Polisi Gandeng Pendekar Silat Amankan Natal

Gelar Pasukan

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro – Polres Bojonegoro menggandeng pendekar silat dalam pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2014. Mereka  akan berjaga di sejumlah gereja, dan titik-titik rawan kriminalitas di wilayah setempat.

Operasi pengamanan Natal dan tahun baru kali ini diberi kode Operasi Lilin. Operasi lilin akan digelar mulai 23 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014. Selain polisi dan pendekar silat, eleman lain yang terlibat pengamanan Natal dan tahun baru yakni petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan TNI.
 
Kapolres Bojonegoro, AKBP Ady Wibowo, menyatakan, para pendekar silat baik dari perguruan silat Setia Hati Winongo, Setia Hati Terate, Pagar Nusa, Kera Sakti, Tapak Suci, dan lainnya dilibatkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru kali ini.

“Para pendekar silat ini nanti yang akan menjadi pendekar masyarakat. Mereka akan ikut menjaga dan mengayomi kegiatan perayaan Natal maupun tahun baru,” ujar Ady Wibowo, usai gelar pasukan di Mapolres Bojonegoro, Minggu (22/12/2013).
  
Dia menyatakan, polisi dan pendekar silat dapat bersinergi dalam upaya pengamanan perayaan Natal dan tahun baru. Sinergi itu dapat terus dipertahankan saat ada kegiatan keagamaan, maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Baca Juga :   Pemberi Layanan Kesehatan Pintar "Ngeles"

“Pendekar silat ini merupakan aset bangsa yang dapat diarahkan untuk kegiatan yang positif,” ujarnya.
 
Dia menambahkan, dalam perayaan Natal yang perlu diwaspadai adalah aksi terorisme. Selain itu, aksi kriminalitas selama perayaan tahun baru.   

Operasi lilin kali ini akan melibatkan 950 anggota Polres Bojonegoro, 100 anggota Brimob Detasemen C Polda Jatim di Bojonegoro, 200 anggota Satpol PP, dan 100 anggota dari Kodim. Sementara,pendekar silat yang dilibatkan dalam pengamanan Natal berjumlah ratusan orang. 
 
Polisi dan pendekar silat akan menjaga kegiatan ibadat Natal di 12 gereja besar di Kota Bojonegoro. Selain itu, polisi dari seluruh Polsek di Bojonegoro akan menjaga kegiatan ibadat Natal di 27 kecamatan di Bojonegoro.

Sejumlah gereja di Kota Bojonegoro akan melangsungkan Misa Natal. Yakni Gereja Santo Paulus di Jalan Panglima Sudirman, Gereja Jawi Wetan Timur Utara di Jalan Teuku Umar, dan Gereja Advent di Jalan Rajawali Kota Bojonegoro.
 
Terpisah, Ketua Perguruan Silat Setia Hati Winongo Cabang Bojonegoro, Sasmito Anggoro, menyampaikan, para pendekar silat dapat berperan menjaga dan mengayomi masyarakat dalam kegiatan keagamaan dan kegiatan lainnya.

Baca Juga :   Bagian SDA Berubah Jadi Dinas ESDM

“Pendekar silat itu dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Sehingga kesan selama ini pendekar silat yang hanya suka tawuran dapat dikurangi,” ujarnya. (rien)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *