Warga Blok Cepu Gelar Sedekah Bumi

SuaraBanyuurip.comWinarto

Bojonegoro – Sedekah bumi atau nyadran masih menjadi tradisi yang dipertahankan warga di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Warisan leluhur itu tetap lestari meski ditengah geliat industri migas Blok Cepu.

Seperti sedekah bumi yang dilaksanakan warga di Sendang Kempit, Desa Ringintunggal, Kecamatan Gayam, Jumát (22/8/2014). Dalam kegiatan tahunan itu warga berbondong-bondong membawa tumpeng di sendang.

Mereka kemudian melakukan ritual dengan berjalan mengitari tumpeng dan membaca doa-doa yang dipandu oleh sesepuh atau orang yang dituakan di desa setempat. Setelah itu warga beramai-ramai memakan tumpeng secara bersama-sama.   

“Ini sebagai bentuk puji syukur atas keberhasilan panen warga serta ketentraman di desa,” kata Eri Gunawan, warga setempat kepada suarabanyuurip.com di sela-sela mengikuti sedekah bumi.

Pada sedekah bumi yang dilaksanakan setiap Jumat Pon ini warga juga mendapat suguhan hiburan wayang kulit. “Ini hiburan wajib yang harus dilaksanakan, tidak boleh di lewatkan,” tegas dia.

Bagi warga di Desa Ringintunggal, sedekah bumi ini merupakan budaya yang tak bisa ditinggalkan dan harus dijalankan seperti yang dilaksanakan oleh para leluhur desa setempat.

Baca Juga :   Ingin Lihat Konser Ambyar Didi Kempot, Penonton Dihimbau Pakai Batik

“Kami tidak berani meninggalkannya, jika dilanggar maka akan ada banyak halangan,” ujar Eri.

“Pernah dulu acara nyadran tidak diselenggarakan kenyataannya banyak warga yang gagal panen  dan serangan hama sulit dibasmi,” lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Desa Ringgintunggal, Pandil mengaku, senang melihat warga rukun dan guyup serta penuh persaudaraan pada peryaaan nydaran ini.

“Selama dua periode saya menjabat kades, kegiatan nyadran ini sebelumnya kami musyawarahkan dengan perangkat desa beserta warga untuk menentukan waktunya,” sambung Pandil dikonfrontir terpisah.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini ketentraman desa terus terjaga, serta hasil panen membawa berkah serta kemakmuran bagi warga, ” pungkas dia.(win)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *