200 Anggota Kodim 0813 Dites Urine

SuaraBanyuurip.com - Athok Moch Nur Rozaqy

Bojonegoro – Sebanyak 200 anggota TNI di bawah naungan Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro, Jawa-Timur diharuskan mengikuti tes narkoba. Hal itu, dalam rangka menanggulangi bahaya narkoba di kalangan aparat Negara, salah satunya TNI.

Kasubbid Yanmed Doktor Polisi, Fanny Sujuti, mengungkapkan, tes urin terhadap anggota TNI ini merupakan permintaan langsung Komandan Kodim 0813, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas beberapa waktu lalu.

Pihak TNI sengaja dilakukan dengan menggandeng pihak Polres Bojonegoro, tujuannya menyaring para pengguna narkoba di kalangan TNI. Dari tes urin nantinya dapat diketahui hasilnya, apakah ada anggota TNI yang mengonsumsi narkoba atau tidak. 

“Kegiatan ini sifatnya hanya screening (penyaringan) saja, nanti hasilnya akan kami sampaikan kepada pihak Kodim,” papar Fanny di sela pelaksanaan tes urin, Kamis (10/9/2015) kepada sejumlah wartawan.

Selain tes urin, para prajurit TNI diberi sosialisasi tentang bahaya narkoba. Diharapkan, nanti paska tes urin para prajurit bisa menyampaikan kepada masyarakat luas. Mengingat, para prajurit telah diperintahkan agar membantu menanggulangi bahaya narkoba yang sudah krusial.

Baca Juga :   Tabrakan Beruntun Satu Orang Tewas

Pasi Intel Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Arh, Eeng Mamuro, menyebut, selain mengantisipasi pengguna narkoba di kalangan prajurit, tes itu juga untuk mendeteksi secara dini kondisi kesehatan prajurit ditingkat Koramil hingga Kodim.

“Jika ada prajurit yang positif mengkonsumsi narkoba, atasannya akan menindak tegas, bisa saja diberi sanksi indisipliner sesuai etika prajurit,” paparnya. 

Menurut dia, pihak Kodim bersikap tegas kepada prajurit yang mengonsumsi narkoba, karena narkoba bisa merusak jasmani prajurit dalam menjalankan tugas sehari-hari,” katanya. (Roz)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *