Informasikan Kejahatan, Polres Siapkan Uang Tunai

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro – Berbagai upaya baik internal maupun eksternal dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas di wilayahnya.

Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu Sri Bintoro mengungkapkan, munculnya tindak kejahatan kebanyakan terjadi karena adanya niat dan kesempatan pelaku. Oleh karena itu, kepolisian akan berupaya menghambat dan mencegah bertemunya niat dan kesempatan tersebut.

“Sesuai perintah Kapolri, kami sudah perintahkan para kapolsek jajaran guna mengantisipasi kejahatan konvensional di wilayah Bojonegoro melalui beberapa upaya internal maupun eksternal,” tegasnya.

Upaya internal yang dilakukan adalah dengan menggelar kekuatan personel yang ada baik Polsek maupun Polres untuk melakukan patroli dan pengamanan lokasi rawan kejahatan.

“Khususnya pada malam hari kita akan menambah jumlah personel tertutup dengan  patroli polisi langit biru atau Pos Labu, khususnya pada Bank dan mesin-mesin ATM,” imbuhnya.

Sementara untuk upaya eksternal akan berkoordinasi dengan masyarakat supaya warga mengefektifkan kembali program poskamling dan siskamling dengan ketentuan tamu wajib lapor 1×24 jam.

Baca Juga :   Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Hingga Rumah di Bojonegoro Tergenang

Korsp baju cokelat itu juga akan melibatkan seluruh komponen dan memberdayakan potensi masyarakat yaitu komunitas-komunitas, perguruan pencak silat, perguruan pernafasan, linmas, sebagai mitra kamtibmas.

“Termasuk memberikan reward berupa uang tunai bagi masyarakat yang dapat membantu menangkap pelaku kejahatan misal curanmor ataupun memberikan informasi terkait pelaku tindak pidana di wilayahnya masing-masing,” tandas Kapolres.

Selain itujuga berkoordinasi dengan pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten untuk memasang CCTV pada jalan-jalan utama, pertokoan, perbankan terutama mesin ATM, swalayan, perkantoran lainnya serta daerah daerah rawan kriminalitas.

“Sesuai perintah kapolri supaya melengkapi setiap tempat yang rawan kriminalitas dengan CCTV, termasuk markas polri sekalipun,” pungkasnya.(rien)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *