Pemda Berikan Dana Hibah Pemberangkatan CJH

CJH Tuban

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban – Kabar baik dirasakan oleh ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sebab Pemerintah Daerah (Pemda) setempat telah memberikan dana hibah sebesar Rp 300 juta untuk mendukung proses pemberangkatan maupun pemulangan menuju atau dari Surabaya.

Dana tersebut nominalnya serupa dengan tahun 2015 lalu, dan mengalami kenaikan dibandingkan dengan dana hibah tahun 2013 silam.

“Bantuan tersebut sebagai biaya pemberangkatan dan penjemputan seluruh jamaah haji,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Abdul Wahib, kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (19/7/2016).

Bukan hanya biaya transportasi saja yang ditanggung, seluruh fasilitas dan jaminan logistik CJH juga disiapkan. Tujuannya memberikan rasa aman, dan nyaman bagi CJH menuju tanah suci.

Sesuai penghitungan terakhir Kemenag, bahwasanya jumlah CJH tahun ini yang siap berangkat ada 793 orang. Jumlah tersebut sudah lengkap administrasinya, baik paspor, maupun persyaratan keberangkatan lainnya.

Saat ini seluruh CJH menerima pembekalan materi dari Kemenag Provinsi Jatim, Dinkes Tuban, dan Kelompok Bimbingan Haji Indonesia (KBHI). Materi yang disampaikan berisi pengetahuan semua jenis kegiatan, dan prosedur selama beribadah di Mekkah.

Baca Juga :   Dorong Keterbukaan Informasi Publik Melalui Open Data

“Pembekalannya digelar di kantor Asrama Haji Tuban,” imbuhnya.

Sesuai jadwal Kemenag, bimbingan manasik haji berlangsung dua kali. Pertama hari Selasa (19/7), dan kedua sebelum berangkat haji bulan Agustus 2016 mendatang. Selain itu, di setiap kecamatan juga diagendakan bimbingan manasik haji.

“Minimal 6 kali bimbingan di setiap kecamatan sehingga pengetahuan CJH lebih matang,” tambahnya.

Pihaknya mengimbau, seluruh CJH serius, dan tetap menjaga kesehatannya. Sehingga anggaran dana maupun pembekalan selama ini dari Pemda, bermanfaat dalam mendukung CJH menunaikan rukun islam yang kelima. (Aim)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *