Pasar Plaza Cepu Terbakar Kerugian Capai Milyaran Rupiah

plaza cepu terbakar

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno 

Blora – Kebakaran hebat menghanguskan kawasan pasar Mustika Plaza Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum’at (6/7/2018) dini hari tadi. Berutung tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai milyaran rupiah. 

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa kebakaran terjadi sekira pukul 01.45 dini hari. Api berasal dari salah satu kios sepatu di kawasan tersebut. 

Dengan cepat api membesar dan menyambar kios lain, yang kebanyakan menjual kebutuhan rumah tangga dan pakaian. 

Kobaran api terus membesar. Warga yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian kewalahan untuk memadamkan. 

Tidak berselang lama, enam mobil pemadam kebakaran (Damkar) datang di lokasi kejadian untuk menjinakkan si jago merah. Yakni  Damkar Pertamina, Damkar PPSDM Migas Cepu, Damkar Satpol PP Blora, Damkar dari Bojonegoro, dan dibantu para relawan Cepu. 

Upaya pemadaman sempat mengalami kendala. Api baru bisa dijinakkan sekira 5 jam. 

“Api cepat membesar karena kios saling berdekatan. Ditambah banyaknya bidak lapak tambahan sekitar kios,” ucap salah satu Relawan Cepu, Agung Tri.

Baca Juga :   Dijatuhi Pidana 4 Tahun, PH Shodikin dan Jaksa Bakal Mengajukan Banding

Kepala UPT Pasar wilayah II Cepu, Sofaat,  menyatakan, dari data yang ada, sebanyak 29 kios beserta isinya dilalap api. Kios tersebut terletak di 4 Blok yakni Blok E, F, H, dan Blok I. 

“Rata-reta mereka berjualan kelontong, pakaian dan kebutuhan rumah tangga lain. Kalau kerugian bisa mencapai milyaran rupiah,” kata Sofaat, saat berada di lokasi kejadian. 

Diakui tidak ada asuransi bagi para pedang. Dari pihak pemerintah meminta data lapangan untuk diambil langkah selanjutya. 

“Iya kami hanya melakukan pendataan untuk diserahkan kepada kabupaten,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Cepu, AKP Slamet Riyanto, menjelaskan,  dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan penyelidikan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik dari salah satu kios sepatu. 

“Milik pak Zain,” sergahnya.

Saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Sejumlah barang bukti berupa mater listrik dan kabel, telah diamankan petugas.(ams) 

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *