Musim Hujan Diperkirakan Mundur

Kalak BPBD Blora

SuaraBanyuurip.com – Ahmad Sampurno

Blora – Datangnya musim penghujan diperkirakan mundur. Sebelumnya mengitip BMKG diperkirakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akan terjadi pada bulan Oktober ini.

Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu, mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim penghujan di Blora diperkirakan akan dimulai bulan depan. Diharapkan warga waspada sedini mungkin.

“Untuk musim hujan diperkiran mundur, info dari BMKG bulan November baru hujan,” ujar Sri Rahayu, kepada Suarabanyuurip.com, Kamis (18/10/2018).

Kendati terlepas dari perkiraan, sebagian wilayah Blora saat ini sudah ada yang turun hujan. Diharapkan intensitas hujan segera dapat bertambah sehingga bisa merata.

Biasanya datangnya musim hujan akan diawali peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau lazim disebut musim pancaroba. Sehingga masyarakat perlu waspada.

“Musim pancaroba identik dengan hujan petir dan angin kencang. Karema itu sejak awal kami meminta masyarakat untuk mewaspadai musim pancaroba tersebut,” tuturnya.

Yayuk, sapaan akrabnya, menjelaskan, saat pancaroba tiba biasanya ditandai dengan kondisi cuaca yang tidak menentu. Hujan terkadang turun dengan deras, namun adakalanya intensitasnya rendah hingga sedang.

Baca Juga :   Siasati Kerugian, Pengusaha SPBU Jaga Stok

“Terkadang juga disertai petir dan angin kencang dengan durasi yang tidak lama. Kondisi seperti itulah yang patut diwaspadai masyarakat,” tandas pejabat yang akan memasuki masa pensiun 1 November 2018.(Ams)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *