Anggota DPR RI Bantu Ratusan Masker untuk Warga Binaan

20155

SuaraBanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro – Aggota DPR RI, Wihadi Wiyanto memberikan ratusan masker kepada penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro, Jawa Timur, sebagai upaya pencegahan virus corona atau Covid-19, Rabu (14/5/2020).

Pemberian bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut pasca ditemukan warga binaan yang sempat positif Covid-19. Ada enam orang menjalani isolasi, setelah menjalani rapit tes yang hasilnya reaktif.

Bantuan masker diserahkan staff Wihadi Wiyanto yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IX (Bojonegoro – Tuban). Bantuan tersebut disambut baik kepala Lapas Kelas IIA Bojonegoro, Edy Saryanto di ruang kerjanya, Rabu (13/5/2020).

Wihadi menyampaikan, latar belakang pemberian masker ini sebagai bentuk kepedulian dimasa pandemi Covid-19. Apalagi melihat perkembangan di Kabupaten Bojonegoro yang demikian banyak hasil rapid tesnya reaktif.

“Terutama kita sangat prihatin dengan adanya laporan bahwa di Lapas Bojonegoro ada yang satu positif, dan ada yang 6 reaktif yang masih dalam isolasi di Lapas,” jelas Wihadi Wiyanto yang juga anggota Komisi III DPR RI.

Baca Juga :   DPC Gerindra Bojonegoro Gelar Vaksinasi Massal

Politisi Partai Gerindra itu menuturkan, Komisi III DPR RI sebagai mitra Kemenkumham RI yang membawahi Lapas. Sehingga masalah pandemi Covid-19 ini jangan sampai berkembang di dalam Lapas. Pencegahan awalnya tentunya dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan yakni wajib memakai masker, dan segala macamnya termasuk disinfektan.

“Kami berinisiatif untuk memberikan bantuan masker yang bisa dikenakan oleh warga binaan, sehingga warga binaan juga merasa aman. Minimal memakai masker, sehingga tidak berkembang 6 orang yang dianggap reatif yang sekarang diisolasi di Lapas Bojonegoro,” ungkapnya.

Wihadi yang juga anggota DPR RI dua periode itu menyarankan, bila perlu minta bantuan kepada pihak kepolisian agar 6 orang tersebut dapat tempat isolasi di luar Lapas yang bisa dijaga oleh kepolisian dan petugas Lapas. Sehingga 6 orang itu tidak berkeliaran, karena memang tempat di Lapas terbatas.

“Mau tidak mau harus diberikan tempat lain yang dijaga 24 jam untuk isolasi. Sehingga 6 orang warga binaan ini juga tidak melarikan diri, jadi koordinasi ini perlu. Intinya bantuan masker ini diterima Kalapas dan bisa bermanfaat,” imbuhnya.

Baca Juga :   Program CSR Perusahaan Belum Masuk RKPD Blora

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Bojonegoro, Edy Saryanto menyambut positif kedatangan perwakilan anggota DPR RI dan mengucapkan banyak terimakasih. Pasalnya masih ada orang baik yang peduli dengan Lapas, baik warga binaan maupun petugas Lapas.

“Masih ada orang baik yang peduli dengan kita. Lapas terus siaga Covid-19, bantuan masker ini sangat bermanfaat dan bisa digunakan warga binaan nantinya,” terang Kalapas.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *