PEPC Beri Pendampingan BUMDes Kaliombo untuk Budidaya Ayam Petelur

24436

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Pertamina EP Cepu (PEPC) memberikan pendampingan badan usaha milik desa (BUMDes) Kaliombo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pendampingan ini untuk membudidayakan ayam petelur.

JTB Site Office & PGA PEPC, Edy Purnomo mengatakan, pendampingan serta revitalisasi kepengurusan BUMDes Kaliombo untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penyusunan dan pengesahan AD/ART.

“Juga, untuk penyusunan usaha seperti rencan usaha, analisa kelayakan usaha, pelatihan, pemagangan budidaya ayam petelur, fasilitas kandang dan 1.000 bibit ayam petelur,” katanya, Senin (7/2/2022).

Edy Purnomo berharap, anggota BUMDes dapat saling bekerjasama untuk mengembangkan program budidaya ayam petelur ini. Karena, manfaatnya akan dirasakan sendiri oleh masyarakat Desa Kaliombo.

Kepala Desa Kaliombo, Rohmad Edi Suyanto mengucapkan syukur dan rasa terimakasih karena PEPC Zona 12 telah memberikan supportnya kepada masyarakat Kaliombo.

“PEPC Zona 12 juga telah mengembangkan kurang lebih 9.700 bibit ayam petelur di 4 empat desa di Kabupaten Bojonegoro dalam Program Budidaya Ayam Petelur,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur IDFoS Indonesia Joko Hadi Purnomo mengatakan, PEPC dan SKK Migas memberi bantuan ke BUMDes 1.000 ayam petelur, kandang, dan peningkatan kapasitas.

Baca Juga :   Waduk Dayaan Kering, Produksi Pertanian Turun 80 Persen

“Instalasi kandang selesai 24 Januari 2022 lalu dan ayam masuk kandang 28 Januari 2022,” katanya.

Dia mengatakan, peningkatan kapasitas ini berupa magang anak kandang selama 7 hari di peternakan ayam petelur. Juga, studi banding pengurus ke peternakan ayam petelur serta pelatihan akuntansi keuangan dan penyusunan rencana klayakan usaha ayam petelur.

“IDFoS sendiri membantu BUMDesa dalm bentuk peningkatan kapasitas dengan sekolah setiap jumat dan pendampingan kelembagaan. BUMDes  masyarakat antusias menerima bantuan. Mereka komitmen untuk mengembangkan usaha ini secara berkelanjutan,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *