KKN Tematik Unigoro Perkuat UMKM Melalui Pendampingan Marketing Digital

KKN Unigoro-1

SuaraBanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Mahasiswa kuliah kerja nyata tematik (KKNT) Universitas Bojonegoro (Unigoro) melakukan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Desa Genjor, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Pendampingan UMKM usus belut itu untuk meningkatan produksi dan memperluas pemasaran.

Ketua Kelompok 3 KKN Unigoro Dwi Amelia Putri mengatakan, pendampingan UMKM Puja Kesuma untuk memperkuat UMKM dan meningkatkan penjualan pasca pandemi Covid-19. Sebab, karena virus korona baik penjualan maupun omset mengalami penurunan.

“Karena itu, diperlukan pendampingan untuk meningkatkan produksi dan memperluas pemasaran,” katanya

Dia mengatakan, sebelumnya UMKM Puja Kesuma yang memproduksi keripik usus belut ini hanya memiliki dua varian rasa yakni original dan balado. Berbagai hal telah dilakukan mahasiswa KKN-T seperti membantu proses produksi, inovasi varian rasa, dan pemasaran melalui digital marketing.

“Pemasarannya melalu aplikasi media sosial seperti Shopee, Instagram, dan Watshaap serta pencarian toko-toko agen juga fasilitasi mesin spinner,” katanya.

KKN Tematik Unigoro Perkuat UMKM Melalui Pendampingan Marketing Digital
Mahasiswa KKN Unigoro sedang mengemasi keripik belut, produk UMKM Desa Genjor.(Foto : Joko Kuncoro)

Selain itu kelompok 3 KKN-T Universitas Bojonegoro juga melakukan pendampingan pengurusan dan pembaharuan legalitas usaha UKM Puja Kesuma. Skema pendampingan UMKM ini, lanjut dia, diupayakan untuk pemberdayaan dan meningkatan kinerja produksi.

Baca Juga :   CJH Bojonegoro Menjadi Kloter Pertama Berangkat ke Tanah Suci

“Juga memperluas akses pemasaran, pemfasilitasan serta pengembangan sumber daya manusia. Karena UMKM bukan hanya untuk kepentingan individu atau substansi keluarga, tetapi akan menjadi suatu tulang pinggung perekonomian masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, dengan adanya pendampingan inj menargetkan UMKM naik kelas hingga memperkuat ekonomi masyarakat dengan mempermudah akses pemasaran dan mendorong UMKM ke pasar yang lebih luas. Selain itu UMKM Puja Kesuma ini juga bisa menjadi pilar penting dalam penting dalam perekonomian Indonesia.

“Pendampingan UMKM ditujukan untuk mendorong UMKM memiliki daya saing tinggi, dan berkualitas baik. Sehingga lebih mudah masuk ke pasar global. Dengan demikian dapat dikatakan UKM tersebut akan mengalami kemajuan secara signifikan setiap tahunnya,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *