341 Atlet Catur Berlaga di Turnamen Bupati Cup

MEMBLUDAK : Ratusan atlet catur saat bertanding di kejuaraan Bupati Cup di GOR Polres Bojonegoro.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Bojonegoro -Sebanyak 341 peserta dari 80 sekolah yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur, mengikuti Turnamen Catur Bupati Cup tahun 2022 di GOR Polres Bojonegoro, Sabtu (3/12/2022).

Ratusan eserta dibagi dalam empat kategori mulai dari kelas 1 sampai dengan 3 SD putra dan Putri serta kelas 4 sampai dnegan kelas 6 SD putra dan putri. Selain itu juga ada kategori SMP putra dan putri serta SMA Putra dan Putri.

‘’Ini yang terbanyak jumlah peserta yang pernah digelar di Bojonegoro,’’ kata Ketua Persatuan Catur Seluruh (Percasi) Bojonegoro Tonny Ade Irawan.

Dia menjelaskan jumlah peserta sendiri sengat berimbang dari wilayah timur dan barat Bojnegoro yang menujukkan meratanya minat peserta dari olahraga catur.

Tony, panggilan akrabnya, menuturkan selama ini turnamen catur lebih banyak didominasi dari wilayah timur. Meski saat ini berimbang dari wiklayah barat dan timur namun secara peta kemampuan atlet didominasi dari wilayah Timur.

“Terbukti banyak dari wiklayah timur yang keluar sebagai juara,’’ tegasnya.

Baca Juga :   Jokowi Minta Menpora Dito Ariotedjo Galakkan Liga Tarkam

Hal ini lanjut dia menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi percasi Bojonegoro unutik lebih meningkatkan kemampuan atler. Sehingga dalam setiap kejuaraan yang akan diikuti ditingkat regional akan banyak pilihan.

“Ini hasil evaluasi kami sekaligus menjaid tantangan pembinaan catur ke depan,’’ tegasnya.

Saat ditanya mengenai detail peserta, Tony menuturkan terbanyak didominasi dari tingkat SMP sederajat. Bahkan jumlahnya membludak.

‘’Karena banyaknya peserta semula kami rencanakan lima babak harus dilaksanakan dalam tujuh babak guna menentukan juara,’’ ucapnya.

Termasuk juga untuk kategori SD kelas 4 sampai dnegan 6 juga lumayan banyak. Tak hanya itu dari gelaran catur kali ini menunjukkan minat yang bagus untuk terhadap olahraga cagtur di Bojonegoro.

‘’Setidaknya atlit catur di Bojonegoro akan semakin banyak terima kasih kepada KONI Polres dan Dinpora yang mendukung turnamen ini,’’ imbuhnya.

Turnamen Bupati Cup tahun in merupakan kolaborasi antara dinas kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bojonegoro serta KONI kabupaten Bojonegoro. Dan tahun ini terdapat Sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain catur terdapat Futsal, sepakbola, Bukutangkis, Tenis Meja, Pentaque, Bola basket, Bola Volley serta E Sport.

Baca Juga :   Kualifikasi Futsal U-21 Porprov Jateng 2023 Digelar di Migas Cepu Edupark

‘’Saat ini tinggal Sepak bola yang masih belum menyelsaikan pertandingan,’’ tutur Kepala Bidang Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Saifuddin.(suko)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA BANYUURIP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *