Bocah Tenggelam, DPRD Bojonegoro Minta Pemilik Tambang Pasir Bertanggung Jawab

Petugas Polsek Gayam melakukan olah TKP di lokasi bekas tambang pasir darat di Desa Katur yang menewaskan bocah berusia 7 tahun.

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Pemilik tambang pasir darat di Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur harus bertanggung jawab terkait kejadian tenggelamnya bocah berumur 7 tahun. Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi A DPRD Bojonegoro menganggapi bocah tenggelam yang kinidiselidiki kepolisian.

Anggota Komisi A DPRD Bojonegoro Agung Handonyo mengatakan, kejadian pelajar yang tenggelam di bekas galian tambang pasir harus menjadi pembelajaran semua pihak.

“Seharusnya ini menjadi pembelajaran kita semua terkait adanya kegiatan penambangan di Bojonegoro yang disinyalir ilegal,” katanya, Senin (12/12/2022).

Dia mengatakan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh pemangku kebijakan. Salah satunya pengawasan intensif terhadap adanya penambangan liar. Karena aktivitas penambangan bisa merusak lingkungan dan keselamatan warga sekitar tambang.

Terkait perizinan penambangan memang wewenang pemprov, tetapi Pemkab Bojonegoro harus bisa melakukan tindakan nyata terkait penambangan diduga liar ini. Dia mengatakan, jangan setelah adanya korban baru melakuka penertiban.

“Kami mendorong pihak berwajib menyelidiki kasus ini agar tidak ada lagi kejadian yang sama terulang,” katanya.

Baca Juga :   Remaja 13 Tahun Dilaporkan Tenggelam di Bengawan Solo

Selain itu, pemilik tambang harus juga bisa menjaga ekosistem lingkungan di sekitar kegiatan mereka. Apalagi, kata dia, keselamatan masyarakat sekitar harus lebih diutamakan dan dijaga.

“Jadi jangan hanya mau keuntungannya saja, namun hak masyarakat sekitar dikorbankan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Katur, Kecamatan Gayam Sukono mengatakan, tidak mengetahui kalau masih ada galian tambang karena tertutup pagar yang rapat.

“Tertutup pagar rapat, saya juga tidak tahu kalau ada galian,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *