Optimalisasi Bandara Ngloram, Kemenhub RI Lakukan Survei di Kabupaten Blora

Bandara Ngloram.
Bandara Udara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.(Suarabanyuurip.com/Ist)

Suarabanyuurip.com – Sami’an Sasongko

Blora – Dalam rangka optimalisasi Bandara Ngloram, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) mengunjungi Kabupaten Blora, Jawa Tengah, untuk melakukan survei terkait potensi wisata, komoditas unggulan, dan lainnya di wilayah Blora.

Kepala Pusat Kebijakan Lalu Lintas, Angkutan dan Transportasi Perkotaan Kemenhub RI, Eddy Gunawan, dan jajaran melakukan audiensi dengan Pemkab Blora, di ruang pertemuan Setda, Kamis (16/2/2023).

Eddy Gunawan mengatakan, audiensi tersebut dilakukan untuk optimalisasi Bandara Ngloram terkait potensi wisata, komoditas unggulan di wilayah Blora, rencana pengembangan, serta aksesibilitas dan angkutan ke bandara.

“Badan Kebijakan Transportasi (BKT) bermaksud melakukan survei untuk memetakan pergerakan orang dan barang menuju Blora. Serta memetakan potensi alam dan komoditas unggulan yang ada di daerah Blora dan daerah penyangga sekitar,” kata Eddy dilansir dari laman resmi Dinkominfo Blora.

Hasil audiensi dan survei nantinya, lanjut Eddy Gunawan, diharapkan bisa menjadi bahan masukan untuk disampaikan kepada Menteri Perhubungan, untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan terkait optimalisasi Bandara Ngloram.

Baca Juga :   Berhasil Bangun Jalan 156 Km, Pemkab Blora Susun Desain Kawasan Cepu Raya

“Pak Menteri menugaskan BKT melakukan survei untuk kita lakukan analisis. Hasilnya akan kami kirimkan kepada Pak Menteri yang nantinya akan diputuskan dari berbagai aspek,” ujarnya

Diharapkan, dapat diperoleh data dan informasi berkaitan kendala, tantangan, serta peluang untuk pengembangan Bandar Udara Ngloram agar termanfaatkan dengan baik. Mengingat banyak potensi daerah yang dapat digali dan dikembangkan.

“Kita harus membangkitkan demand dari luar juga. Ada dua langkah yakni, mengembangkan potensi daerah dan mempromosikan. Promosi bandara ini harus ditingkatkan,” tandasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, secara detail memaparkan berkaitan potensi sumber daya yang dimiliki Blora, baik dari sektor pariwisata, kebudayaan, ekonomi dan lainnya.

“Harapannya dengan adanya Bandara Ngloram ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya kawasan Blora dan kabupaten sekitar,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Kemenhub Dr. Endang Puji Lestari, SH, MH, beserta jajaran tim dari Kemenhub. Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Rumkimhub Blora, Bappeda Blora, serta jajaran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. Juga Kepala UPBU Dewadaru Ariadi Widiawan, beserta jajaran.(sam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *