40 Tahun Kiprah Elnusa di Blok Mahakam

40 tahun kiprah elnusa memberi dukungan jasa energi secara total di hulu migas Blok Mahakam. (Dok.Elnusa)

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Jakarta – Operasi migas Blok Mahakam di pesisir Kalimantan Timur, tidak lepas dari peran PT Elnusa Tbk. Sejak sekitar 40 tahun lalu PT Elnusa Tbk telah berkiprah dalam mendukung kinerja hulu migas Blok Mahakam.

Elnusa mulai mendukung operasi Blok Mahakam di era Total E&P Indonesie hingga kini dikelola oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM). Elnusa tumbuh dan berkembang bersama blok gas raksasa.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing menceritakan kehadiran Elnusa di Blok Mahakam sudah sejak tahun 1980-an saat Total E&P Indonesie menjadi operator. Kala itu jasa Hydraulic Workover Unit (HWU) & Snubbing Services menjadi pelopor kiprah Elnusa di sana. Selanjutnya Elnusa membawa layanan Slickline Services pada dekade 90-an, jasa Well Testing di tahun 2008, Coiled Tubing Services pada 2011, Cementing & Pumping Services, Mud Services dan Mud Logging Services tahun 2019, hingga Wireline Logging di 2020.

Elnusa, lanjut Charles, juga melakukan inovasi bersama Pertamina Hulu Mahakam untuk melakukan penghematan biaya operasional seperti modifikasi HWU agar bisa digunakan untuk drilling di 5 sumur lapangan Tunu, penggunaan wireline combo yang bisa memangkas biaya mobilisasi, penggunaan cemen slurry merah putih yang menghasilkan bonding cement yang bagus dan penggunaan sand consolidation product dalam negeri.

Bahkan untuk kegiatan Seismic Processing dan EPC & OM Services juga sudah mulai digarap Elnusa di WK Mahakam. Charles menyebut, keterlibatan anak usaha Elnusa di Mahakam juga cukup diperhitungkan, dari jasa kapal barge oleh PT Elnusa Trans Samudera (ETSA) , injeksi chemical dari PT Elnusa Petrofin (EPN), hingga pekerjaan modifikasi konstruksi lewat PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK).

“Untuk di WK Mahakam, saat ini layanan yang dikerjakan Elnusa sudah cukup komplit, dapat dikatakan 80 persen services yang ada di Elnusa sudah masuk ke sana. Jadi kami telah mewujudkan solusi total jasa energi di Mahakam seperti Visi Elnusa yang ingin menjadi Perusahaan Jasa Energi Terkemuka yang Memberikan Solusi Total,”” paparnya.

Charles mengungkapkan dukungan manajemen serta personel perusahaan menjadi kunci sukses sepak terjang positif Elnusa dalam kegiatan operasi migas di blok gas yang pada awal 2023 ini produksinya mencapai 632,5 juta standar kaki kubik gas per hari (MMscfd). Lalu kerja sama dengan pihak operator sejak dari Total E&P Indonesie hingga PHM pun selalu terjalin dengan baik.

Baca Juga :   Komisi VII Minta Pertamina Genjot Produksi untuk Capai Target Lifting Migas

“Kerja sama antara operator dengan Elnusa bisa dikatakan kerja sama partner atau mitra, di mana ada keterbukaan serta kerja bersama untuk maju bersama,” tuturnya.

Charles menerangkan, eksistensi Elnusa di Blok Mahakam berawal dari adanya kepercayaan yang diberikan pihak operator. Elnusa kerap ditawarkan untuk mengerjakan pilot project sampai project besar. Contohnya pilot project untuk pemanfaatan HWU untuk kegiatan drilling.

“Elnusa telah mendapatkan kesempatan untuk mengerjakannya di Mahakam sejak era Total E&P Indonesie,” ucapnya.

Kesempatan serupa juga terjadi pada jasa Coiled Tubbing Services pada tahun 2011 dan Cementing di 2019. Padahal sebelumnya untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut didominasi oleh perusahaan services multinasional.

“Adanya kesempatan tersebut kian meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Elnusa dari waktu ke waktu sehingga dapat menjadi bagian penting dalam menyokong operasi migas di WK Mahakam,” jelas Charles.

Dia berharap Elnusa dapat terus tumbuh bersama dengan PHM di Blok Mahakam, sehingga kegiatan operasi hulu migasnya bisa berjalan optimal dan menghasilkan revenue yang baik dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan kerja.

“Kami mengharapkan WK Mahakam tetap menjadi recurring income bagi Elnusa. Karena itu kami berupaya untuk tetap menjaga produksi di WK Mahakam tetap bagus, stabil, dan sesuai target, sehingga Elnusa dapat terus memberikan layanan jasa terbaiknya dan bahkan melakukan diversifikasi services di sana ke depannya,” bebernya.

Selain itu Charles juga mengharapkan agar kinerja positif Elnusa di Blok Mahakam dapat diimplementasikan pula di lapangan-lapangan migas lainnya di Indonesia.

“Solusi total jasa energi itu sudah dilakukan Elnusa di Blok Mahakam, semoga pencapaian ini juga bisa dibawa dan direplikasi ke tempat lain sehingga bisnis Elnusa bisa menjadi lebih besar lagi di masa depan,” pungkas Charles dalam pernyataan resminya yang diterima suarabanyuurip.com, Senin (27/3/2023).

Chalid Said Salim, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk perusahaan yang membawahi PHM, menyampaikan apresiasi atas kemitraan dan kinerja Elnusa yang baik dalam mendukung keberhasilan kegiatan operasi hulu migas di WK Mahakam.

Baca Juga :   Mobilisasi Alat PT Elnusa di Lapangan Migas Sukowati Dicegat Warga Ngampel

“Kami berkomitmen menjalankan operasi migas yang selamat, andal, patuh, dan ramah lingkungan dengan menerapkan praktik-praktik terbaik di industri hulu migas nasional dan global. Elnusa sudah menjawab kepercayaan yang diberikan oleh PHI dan PHM dengan kinerja dan kualitas layanan yang kian meningkat dari tahun ke tahun,” ucap Chalid.

Kinerja apik Elnusa tersebut terbukti dengan keberhasilan Elnusa yang selalu menjadi langganan meraih The Mahakam Award dari zaman Total E&P Indonesie hingga PHM kini. The Mahakam Award merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan pihak operator di WK Mahakam kepada para kontraktor yang menunjang kegiatan operasi di Blok Mahakam.

“Kami berharap Elnusa terus dapat menjadi mitra yang dapat diandalkan sebagai bukti sinergi antar anak usaha Subholding Upstream Pertamina guna mendukung peningkatan produksi gas di WK Mahakam dan menjaga ketahanan energi nasional,” lanjut Chalid.

Sebagai informasi, Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tegabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai perusahaan solusi total jasa energy, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa penunjang dan jasa distribusi dan logistik energi. Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM). Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data. Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical.

Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain. Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya.(suko)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *