Kembangkan Pengetahuan Pegawai, PGN Bojonegoro Gelar Sharing Session

ANTUSIAS : Koordinator PGAS Solution (PGASOL) Bojonegoro, Rendi Setyadi, saat berbagi pengetahuan teknis MRS kepada jajaran PGN Area Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Sales and Operation Region (SOR) III Area Bojonegoro mengadakan kegiatan sharing session, Kamis (14/09/2023). Kegiatan ini diselenggarakan guna mengembangkan pengetahuan dan kualitas diri para pegawai.

Sharing session adalah salah satu kegiatan yang sudah menjadi budaya di lingkup PGN. Di mana terjadi sharing knowledge (saling berbagi pengetahuan) kepada pegawai antar bagian. Tidak hanya pada departemen operasional saja, melainkan juga pada semua bagian, mulai dari sales, administrasi, suporting, receptionis, sampai office boy turut serta dalam acara.

Hal itu dilakukan agar semua pegawai dari bagian teknis maupun non teknis memahami seluk beluk proses kerja operasi gas bumi.

Koordinator PGASOL Jargas Bojonegoro, Rendi Setyadi, dalam sharing session kali ini mengajak 23 jajaran pegawai PGN Area Bojonegoro mengenal sistem kerja Metering and Regulating Station (MRS) yang terletak di lingkup Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disdagkop UM) Bojonegoro Kota.

Pengenalan dimulai dari inlet hingga outlet bertekanan sebesar 2 bar yang akan disalurkan kepada pelanggan. Yakni sejak dari input valve, filter, slamshut valve, monitor regulator, aktif regulator, relief valve, check valve, metering, evc hingga outlet valve, sekaligus instrument odorant, dan pressure monitor device.

Baca Juga :   PPSDM Migas Bekali ASN-nya Tentang Penanganan Bahaya Gas H2S

Para pegawai juga diingatkan kembali bahwa gas alam bersifat tidak berwarna dan tidak berbau. Oleh karena itu penting untuk diberikan odorant dalam MRS sehingga dapat mengetahui apabila terjadi kebocoran pipa sehingga dapat meminimalkan terjadinya Uncounted Gas (UAG).

“Kegiatannya asyik, banyak tanya jawab dari peserta yang antusias ingin mengenal peralatan MRS,” ungkap salah satu pegawai PGN, Inggit Tribuana Saputri.

Sementara, PT PGN Tbk Area Head Bojonegoro, Mochammad Arif mengatakan, bahwa kegiatan budaya di Pertamina Gas Negara salah satunya adalah sharing session. Yaitu sharing knowledge kepada para pegawai terutama internal Area Bojonegoro, Jawa Timur. Tujuannya untuk menambah wawasan dan pengetahuan terhadap asset jaringan gas (jargas).

Sharing session ini dilakukan setiap bulan dengan pemateri yang berbeda-beda agar para pekerja dapat menambah pengetahuan dan lebih memahami lagi terkait bisnis perusahaan. Sehingga semua pekerja yang ada, baik admin, customer service, cleaning service dan pegawai non teknis lainnya dapat memahami proses kerja operasi gas bumi.

“Karena dalam struktur organisasi area ada bagian teknis dan non teknis. Hal ini bisa menumbuhkan kepedulian dan rasa memiliki para pegawai antar bagian terhadap asset jargas,” kata Mochamad Arif.(fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *