Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Resmikan Pasar Rakyat Cepu Induk Blora

Mendag Zulhas.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan gunting pita resmikan Pasar Rakyat Cepu Induk disaksikan Bupati Blora Arief Rohman.

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Blora – Menteri Perdagangan Dr. (H.C.) Zulkifli Hasan, S.E., M.M., meresmikan Pasar Rakyat Cepu Induk Blora, di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah Minggu (21/01/2024). Pasar ini telah dibangun sejak awal 1 September hingga selesai pada 29 Desember 2023.

Mendag Zulhas didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Drs. Isy Karim, M.Si, Direktur Sarana Perdagangan dan Logistik, Sri Sugy Atmanto, S.E., M.M, Bupati Blora, Arief Rohman dan Forkopimda. Serta diikuti oleh Paguyuban Pedagang Pasar Induk Cepu dan Ngawen Blora.

“Kami sangat bangga mendapatkan kepercayaan untuk menerima kunjungan kerja Menteri Perdagangan dalam rangka Peresmian Pasar Cepu Induk,” kata Bupati Arief dalam sambutan.

Politikus PKB itu melaporkan, Pasar Cepu Induk tersebut dibangun dengan anggaran Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan (Kemendag) tahun 2023 sebesar Rp3 miliar, yang dimulai sejak 1 September-29 Desember 2023.

“Bahkan ada optimalisasi waktu sehingga dapat selesai lebih cepat 16 hari dari target,” ujarnya.

Mendag Zulhas.
Tanda tangani prasasti peresmian Pasar Rakyat Cepu Induk Blora.

Pasar rakyat induk ini secara keseluruhan dihuni 600 pedagang, dengan jumlah kios sebanyak 107 kios, los baru sebanyak 2 unit dan los lama sebanyak 2 unit di mana setiap unit los menampung 256 titik.

Baca Juga :   Kerja Cepat Pantau Pasar, Mendag Zulhas : Kita Ingin Pedagang dan Pembeli  Bahagia

Pada kesepatan itu, pria yang menjabat bupati sejak 26 Februari 2021 ini melaporkan ihwal terjadinya kebakaran di Pasar Ngawen, Kabupaten Blora pada Selasa, 9 Januari 2024, dengan titik kebakaran di Blok A sampai Blok X dan Blok Z.

Akibatnya ada 800 lapak pedagang, 150 lapak pedagang pelataran dan 60 kios hangus, serta 71 kios terdampak rusak berat dan ringan. Taksiran kerugian akibat kebakaran ini sebesar Rp30,6 miliar.

“Sampai dengan saat ini kami telah
berupaya dengan sowan ke Kemendag pada 12 Januari lalu, dan Alhamdulillah bertemu dengan Pak Dirjen PDN dan Pak Direktur Sardaglog,” ungkap Bupati Arief.

Pria hobi kulineran ini juga mengutarakan asa agar pasar Ngawen bisa dibangun kembali, sebab pasar tersebut berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat di wilayah Blora barat.

“Kepada Bapak Menteri, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan kepada kami, semoga membawa keberkahan, memberikan dampak positif, bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Mendag Zulhas berharap pasar rakyat di Kecamatan Cepu tersebut bermanfaat bagi masyarakat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :   Meriahnya Pesta Kembang Api Tandai Pergantian Tahun di Kabupaten Blora

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyempatkan memomentum bagi-bagi rejeki kepada sejumlah pedagang melalui kuis dadakan berisi pertanyaan seputar Pancasila dan beberapa program Presiden Joko Widodo.

Mendag Zulhas.
Tinjau para pedagang Pasar Rakyat Cepu Induk Blora.

Sekira enam pedagang ketiban untung mendapatkan bantuan modal sebesar Rp500 ribu karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Wah pinter pinter ya warganya Pak Bupati Blora ini,” ungkapnya.

Selain itu anggota Kabinet Indonesia Maju ini juga membagikan paket beras seberat 5 Kg kepada 100 pedagang yang hadir dalam agenda.

“Beras nanti bisa untuk oleh-oleh,” tandasnya.

Persemian ditandai dengan potong pita oleh Mendag Zulhas didampingi Bupati Blora, Arief Rohman dilanjutkan berkeliling meninjau los pasar dan berbincang dengan beberapa pedagang.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *