Kurangi Sampah Plastik, PGN Luncurkan Mesin Tukar Limbah

Corporate Secretary PGN Rachmat Hutama sedang memasukkan botol bekas di sebuah RVM.(Ist/PGN)
Corporate Secretary PGN Rachmat Hutama sedang memasukkan botol bekas di sebuah RVM.(Ist/PGN)

SuaraBanyuurip.com — Arifin Jauhari

Bojonegoro — Perusahaan Gas Negara (PGN) meluncurkan inovasi Reverse Vending Machine (RVM) atau mesin tukar limbah. Mesin hasil kerja sama dengan Plasticpay itu berguna untuk mempermudah konsumen berpartisipasi dalam mengurangi sampah botol plastik.

Dengan mempergunakan RVM tersebut,  pengembalian kemasan botol air minum bekas pakai dapat dilakukan secara praktis dan bermanfaat.

“RVM PGN-Plasticpay menerapkan teknololgi Artificial Intelligence (AI),” ungkap Corporate Secretary PGN, Rachmat Hutama, dalam siaran pers yang diterima Suarabanyuurip.com, Selasa (14/05/2024).

Dijelaskan, pengumpulan sampah botol plastik melalui RVM PGN – Plasticpay juga bagian program ESG guna mendukung SDGs nomor 11 Sustainable Cities and Communities dan SDGs nomor 12 Responsible Consumption and Production serta SDGs nomor 14 Life Below Water, dan  SDGs nomor 17 Partnership for the Goals yang diimplementasikan pada 2024.

“Bisnis perusahaan diselaraskan dengan strategi dan fokus keberlanjutan pada aspek ESG dengan prioritas pada kepedulian lingkungan. Langkah tersebut dapat direalisasikan dari hal-hal kecil,” ujarnya.

Oleh karena itu, bersamaan dengan peringatan Hari Bumi tahun ini PGN mendorong kesadaran untuk mengurangi sampah plastik. Dalam keseharian, penggunaan plastik tidak bisa dihindari namun dapat dikelola dengan lebih bijaksana.

Baca Juga :   Komisi B Pastikan Pemerintah Pusat Tidak Kurangi DBH Migas Bojonegoro

“PGN mengucapkan terima kasih atas kerja sama strategis dalam memprioritaskan kepedulian lingkungan. Kerja sama ini meningkatkan upaya perusahaan dalam pengelolaan limbah sampah plastik dengan lebih baik lagi dan ikut aktif dalam program dekarbonisasi menuju Net Zero Emission 2060,” lanjut Rachmat.

Selain itu, sebagai perusahaan yang bergerak di sektor migas maka PGN dikatakan memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga lingkungan.

Dalam aksi nyatanya, PGN ingin kepedulian lingkungan dapat diterapkan di semua lini operasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini.

“PGN mengapresiasi Plasticpay dapat menyediakan sarana dengan teknologi yang modern untuk daur ulang sampah botol plastik,” tuturnya.

Sebagai informasi, pengembalian botol RVM PGN – Plasticpay dapat dilakukan dengan cara mengunduh dan register aplikasi Plasticpay di Google Play dan App Store.

Selanjutnya, ketika botol dimasukkan ke RVM, maka mesin akan menghitung deposit botol secara otomatis. Setelah menyelesaikan transaksi, scan QR Code menggunakan aplikasi Plasticpay.

“Konsumen akan mendapatkan Plasticpay points yang dapat ditukarkan dengan e-wallet, bank account, voucher dan sebagainya,” tandasnya.(fin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *