SapaBupati, Program Komunikatif Setyo Wahono-Nurul Azizah bersama Masyarakat Bojonegoro

Cabup wahono.
Cabup Setyo Wahono dan Cawabup Nurul Azizah telah menyiapkan program SapaBupati untuk memudahkan komunikasi dengan masyarakat Bojonegoro.

SuaraBanyuurip.com – Komunikasi dua arah antara pejabat dan masyarakat amat penting agar berbagai intervensi positif dari pemerintah bisa diimplementasikan berbasis kebutuhan. Hal ini yang akan diaplikasikan paslon bupati dan wakil bupati nomor 02, Setyo Wahono – Nurul Azizah pada birokrasi Bojonegoro.

Kurangnya komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat, berdampak pada tidak jelasnya program dari pemerintah. Ini terjadi karena intervensi dan penindakan bukan karena kebutuhan, tapi karena penyesuaian anggaran. Hal ini tentu patut untuk diperbaiki.

Yusuf Alda, salah seorang pemuda Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Bojonegoro mengatakan, masyarakat Bojonegoro, secara umum, sangat butuh pemimpin yang bisa diajak berkomunikasi. Bukan pemimpin yang maunya hanya dituruti.

Yusuf merasa, lima tahun belakangan, komunikasi antara pemerintah dan masyarakat seperti tidak pernah ada.

“Nah, ini dampaknya program pembangunan seperti tidak diperuntukkan masyarakat. Sebab, fungsinya tidak jelas,” ujarnya.

Banyaknya taman yang ada di Kota Bojonegoro misalnya, menurut dia, tidak dibangun atas komunikasi yang jelas. Dampaknya, fungsi dan kebermanfaatan yang didapat masyarakat menjadi tidak jelas. Karena itu, Yusuf berharap agar ke depan, pemimpin Bojonegoro punya kapasitas yang baik dalam berkomunikasi dengan masyarakat.

Ketua Partai Demokrat Bojonegoro, Sukur Priyanto mengatakan, pembangunan Bojonegoro harus dilakukan berbasis komunikasi dengan masyarakat. Sebab, jika tidak, maka dampak yang diterima masyarakat tidak jelas. Karena itu, Sukur menegaskan, Bojonegoro harus dipimpin figur yang komunikatif dan bisa mendengar keluhan.

“Bojonegoro ini kota besar. Harus dipimpin figur yang komunikatif,” kata Sukur.

Politikus kawakan ini menjelaskan, selama hampir 5 tahun belakangan, program pembangunan di Bojonegoro terkesan serampangan dan tidak berbasis komunikasi. Dampaknya, intervensi positif dari pemerintah kurang berdampak bagi masyarakat.

Karena itu, Sukur mengimbau agar masyarakat Bojonegoro lebih memilih paslon bupati dan wakil bupati yang punya kemampuan komunikasi dan mendengar dengan baik.

“Mas Setyo Wahono dan Bu Nurul sangat komunikatif. Bahkan, mereka juga menyiapkan program-program yang berbasis komunikasi dua arah. Contohnya adalah program SapaBupati,” imbuh dia.

Sementara itu, Cabup Bojonegoro, Setyo Wahono dalam program unggulannya memprioritaskan komunikasi dua arah. Bahkan, paslon nomor 02 ini menjadikan komunikasi dua arah sebagai program khusus, yaitu Saluran Aspirasi dan Pengaduan untuk Bupati (SapaBupati). Program SapaBupati merupakan medium pengaduan atau aspirasi publik.

“Ini agar Bupati bisa berkomunikasi langsung dengan masyarakat,” kata Cabup asli Bojonegoro dari Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo ini.

Program SapaBupati, tambah Cabup Wahono, nantinya diintegrasikan dengan perencanaan pembangunan Daerah. Sehingga perencanaan dilakukan berbasis aspirasi dan pengaduan warga.

“Wahana SapaBupati ini akan didukung mekanisme penanganan pengaduan jelas dan terukur, serta adanya Tim Respon Cepat-Tanggap,” tegasnya.(red)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait