Furqon, Siswa SDN Pelem 1 Purwosari Sabet Juara 1 Cabor Silat O2SN 2022

25359

SuaraBanyuurip.com – Arifin Jauhari

Bojonegoro – Mochammad Furqon Syauqy Al Faruq, menyabet medali emas atau juara pertama dalam even O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tahun 2022 Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, di Aula Dinas Pendidikan Bojonegoro, Selasa (07/06/2022).

Pelajar kelas 5 SD Negeri 1 Pelem, kelahiran 22 Desember 2010, Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro yang karib disapa Furqon ini berhasil meraih piala sebagai juara pertama setelah menyisihkan 20 pesilat lainnya.

“Dik Furqon berhasil meraih skor 427 yang merupakan nilai tertinggi dibanding pesilat lain. Dengan waktu peragaan sempurna tepat selama 3 menit,” kata Muhammad Sidik, pelatih silat Furqon kepada SuaraBanyuurip.com.

Menurut Sidik, Furqon termasuk pesilat usia dini yang displin dalam berlatih. Terbukti, ia tidak banyak memporsir tenaga maupun teknik dalam latihan anak didiknya itu. Remaja yang pernah menjadi juara 3 KOSN cabor silat jenjang SMK tingkat nasional ini mengaku lebih memberikan penekanan pada kebenaran gerak dan ketepatan waktu.

Baca Juga :   SMP Tuban Sabet Juara 1 O2SN Jatim

“Saya hanya mendampingi Furqon selama tiga hari saja untuk persiapan dalam kejuaraan ini,” ujar pelatih silat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), Ranting Ngasem, Cabang Bojonegoro.

Sementara itu, Furqon mengaku telah berlatih pencak silat di SH Terate sejak masih pelajar kelas 2 SD. Keberhasilan itu disebutnya tak lepas dari dorongan semangat kedua orang tuanya. Yakni pasangan KRAT. Sudawam dan Sujarmini.

Putra Kepala Desa (Kades) Pelem, Sudawam ini menjelaskan, bahwa kedua orang tuanya selalu memberikan motivasi untuk terus disiplin dalam berlatih. Selain itu juga tidak diperbolehkan sombong dan harus tetap rendah hati dalam kondisi apapun.

“Saya persembahkan kejuaraan ini untuk kedua orang tua saya,” ucap pelajar yang hobi makan kuliner nasi buwohan ini.

Di tempat yang sama, guru kelas 5 SDN Pelem 1 Purwosari yang mendampingi Furqon, Siti Rumanika berpandangan, juara silat yang diraih anak didiknya akan mampu meningkatkan motivasi anak didik untuk berprestasi.

“Kebetulan SDN 1 Pelem ada ekstra kurikuler pencak silat. Juara yang diraih anak didik kami ini tentu membanggakan bagi kami. Dan berpotensi meningkatkan semangat berprestasi bagi siswa kami dalam bidang apa saja. Khususnya di SDN Pelem,” pungkasnya.

Baca Juga :   Giliran Tim Sepak Bola Putri Bojonegoro Angkat Koper dari Porprov Jatim

“Alhamdulillah semoga bermanfaat, dan menjadikan anak kami semakin semangat berlatih agar kedepannya bertambah lebih baik lagi,” sambung Kades Pelem, Sudawam.(fin)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *