PR PMII Raden Paku Gelar Sekolah Kaderisasi dan Rapat Tahunan

PR PMII Raden Paku menggelar sekolah kaderisasi di Gedung PC Muslimat NU Bojonegoro, Jumat (9/9/2022).

Suarabanyuurip.com – Joko Kuncoro

Bojonegoro – Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Raden Paku menggelar sekolah kaderisasi di Gedung PC Muslimat NU Bojonegoro, Jumat (9/9/2022). Kegiatan itu, merupakan rangkaian dari rapat tahunan anggota rayon (RTAR) ke XVI.

Ketua Rayon PR PMII Raden Paku Komisariat UNU Sunan Giri Bojonegoro Fadhillatun Ni’mah mengatakan, kelangsungan sebuah organisasi tidak bisa dilepaskan dari kaderisasi. Kaderisasi merupakan proses pencarian bakat atau sumber daya manusia yang handal untuk melanjutkan tongkat estafet perjuangan organisasi.

“Tanpa adanya kaderisasi yang baik, maka kehancuran organisasi tersebut tinggal menunggu waktu, ibarat sebuah gunung es yang sewaktu-waktu dapat hancur dan mencair,” kata Illa sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, sekolah kaderisasi dan RTAR ke XVI ini mengambil tema Memperkuat Militansi Sebagai Tombak Kaderisasi Menuju Regenerasi selain untuk pergantian pemimpin juga peningkatan kapasitas kader. Karena organisasi membutuhkan kader-kader yang berkualitas, dan hanya dengan kader demikian, organisasi dapat mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengembangkan diri.

Baca Juga :   Harapkan Unigoro Jadi Fasilitator Pengarang Buku

“Kaderisasi adalah proses penyiapan sumber daya manusia agar kelak mereka menjadi pemimpin yang mampu membangun peran dan fungsi organisasi secara lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PC PMII Bojonegoro Angga Sugiharto mengatakan, fungsi kaderisasi atau pencetakan calon pemimpin tidak telepas dari penanaman etika kader. Kaderisasi merupakan salah satu media rekrutmen, pemantapan komitmen dan penguatan ideologi organisasi.

“Karena kaderisasi sebagai penguatan organisasi yang berorientasi jangka panjang. Sehingga proses kaderisasi tersebut harus secara kontinyu dilakukan untuk memperkuat ikatan dalam sebuah organisasi,” katanya.(jk)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *