Tinjau MPP Blora, Menteri PAN-RB Dorong Pelayanan Publik Digital

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas didampingi Bupati Arief Rohman saat melihat pelayanan di MPP Blora.

Suarabanyuurip.com – d suko nugroho

Blora – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Anas berharap keberadaan MPP tersebut tidak sekadar memberikan pelayanan administrasi, perizinan, dan non-perizinan, tetapi juga harus jeli melihat kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

“Untuk itu, Bupati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Blora dapat bersama-sama mencari tahu kebutuhan masyarakat melalui survei kepuasan masyarakat, untuk mendapatkan masukan agar dapat terus memperbaiki pelayanannya,” pesannya saat meninjau pelayanan di MPP Kabupaten Blora, Jumat (23/9/2022).

“Tempatnya strategis, semoga dapat konsisten melayani masyarakat dan menjadi motivasi bagi daerah lainnya untuk menghadirkan MPP,” lanjut Anas.

Pada kesempatan tersebut, mantan Bupati Banyuwangi ini menyatakan terus mendorong digitalisasi pelayanan publik, khususnya di MPP. Digitalisasi ini dilakukan semata agar pemerintah terus dapat memberikan pelayanan publik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Saat ini kami sedang merancang Mal Pelayanan Publik Digital, sehingga kedepannya masyarakat tidak perlu lagi datang ke loket, cukup mengakses pelayanan dari ponsel dan selesai. Hal ini merupakan tahapan transformasi digitalisasi birokrasi, yang salah satunya melalui MPP Digital,” ungkap Anas

Baca Juga :   Serapan APBD Blora 2022 Capai 92,41 Persen, Bojonegoro Hanya 80 Persen

Pihaknya menargetkan pembangunan MPP di seluruh penjuru Indonesia sesuai arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. MPP yang akan hadir tersebut diarahkan untuk dapat menyediakan pelayanan publik digital.

“Untuk MPP yang telah berdiri akan kita berikan pendampingan agar dapat bertransformasi menyediakan layanan digital,” tegasnya dikutip dari laman Kementerian PAN-RB.

Sementara itu, Bupati Blora Arif Rohman menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menteri Anas yang menyempatkan meninjau pelayanan di MPP Kabupaten Blora. Diceritakan, kehadiran MPP di Kabupaten Blora ini terinspirasi dari langkah Menteri Anas sewaktu menjabat sebagai Bupati Banyuwangi yang bergerak cepat menghadirkan MPP di tingkat kabupaten.

Arief Rohman menjelaskan, MPP Kabupaten Blora merupakan MPP ke-9 di Provinsi Jawa Tengah dan ke-43 di Indonesia yang diresmikan pada 3 Juni 2021. Setelah berjalan selama 1 tahun 3 bulan, kini MPP Kabupaten Blora menyediakan 290 layanan dari 29 instansi.

“Kehadiran Bapak Menteri Anas ini menjadi penguat memotivasi jajaran Pemkab Blora untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Arif.(suko)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *