Beragam Hiburan Meriahkan Festival Nelayan Karangagung Tuban

Kirab perahu menjadi pembuka rangkaian Festival Nelayan Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Suarabanyuurip.com – Edi Supraeko

Tuban – Masyarakat Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kembali menggelar festival nelayan, Sabtu (5/11/2022), yang sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid. Beragam hiburan disuguhkan mulai dari kirab perahu, pagelaran tayub, bazar, barongsai, orkes Adela, santunan anak yatim hingga gema salawat.

Ketua Panitia Festival Nelayan Karangagung, Hartono menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari. Dimulai kirab perahu dan tayub hari ini pada Sabtu (5/11), barongsai pada Minggu (6/11/2022) pukul 15.00 Wib, Orkes Adela pada Senin (7/11/2022) pukul 13.00 Wib, santunan anak yatim dan gema salawat pada Selasa (8/11) pukul 19.30 Wib.

“Kegiatan ini dalam rangka tasyakuran nelayan Karangagung. Kami bersyukur karena para nelayan Karanggagung bisa kembali melaksanakan Festival Nelayan setelah beberapa tahun tidak terlaksana karena pandemi,” ujarnya.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, saat menghadiri pembukaan Festival Nelayan Karangagung.
© 2022 suarabanyuurip.com/Dok.sbu

Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto mengatakan, tradisi ini merupakan kegiatan tahunan yang biasa diperingati para nelayan.

Baca Juga :   Meriahnya Tradisi Petik Laut di Pantai Lohgung Lamongan

“Sedekah laut ini merupakan bentuk syukur atas limpahan nikmat rezeki dari hasil tangkapan ikan nelayan, maupun berkah kesehatan dari Allah SWT,” ujarnya di lokasi.

Kades berharap dengan sedekah laut ini warga Karangagung bisa dapat semakin guyub, rukun dan selalu menggenggam erat jiwa gotong-royong.

“Sedekah laut ini menjadi perekat keakraban masyarakat. Alhamdulilah kegiatan “Petik Laut tahun ini dihadiri oleh banyak pihak,” pungkasnya.

Agenda kegiatan dan hiburan rangkaian Festival Nelayan Karangagung.
© 2022 suarabanyuurip.com/Ist.sbu

Pembukaan Festival Nelayan dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Palang, kepala desa sekecamatan Palang dan banyak masyarakat hadir dalam kegiatan ini.(edi)

»Follow Suarabanyuurip.com di
» Google News SUARA BANYUURIP
» dan Saluran WhatsApp Channel SuaraBanyuurip.com


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *